Syawalan Literasi Komunitas Pegiat Literasi Nganjuk Ajang Pengenalan Pentingnya Literasi Bagi Anak-anak Mlorah,Rejoso,Nganjuk

Nganjuk.menaramadinah.com.Dalam nuansa Idul Fitri 1444 Hijriyah,Komunitas Pegiat Literasi Nganjuk ( Kopling) menggelar halal bi halal antar sesama Koplinger( istilah untuk anggota Kopling,red) bertajuk ” Syawalan Literasi” di Omah Sastra,Dusun Sugihwaras,Mlorah,Rejoso,Nganjuk,Minggu,30 April 2023.

Omah Sastra merupakan taman baca gratis yang didirikan oleh Ketua Kopling saat ini,Heru Amurwabhumi.

Acara Syawalan Literasi dikemas secara ceria,diisi dengan berbagai kegiatan,antara lain: Lomba Melukis dan Mewarnai untuk anak-anak SD,dongeng oleh Kak Fida dari Kopling,pembacaan naskah aksara Jawa kuno oleh Luki dari Kauman,pembacaan puisi religi oleh Arfian Chaidir dari Kopling,pengumuman pemenang Lomba Cipta Puisi Islami yang diadakan pada bulan puasa lalu,dan Diskusi Sastra.

Agenda Syawalan Literasi yang digagas oleh Mas Heru ( sapaan akrab Ketua Kopling Heru Amurwabhumi,red) semakin semarak dengan kehadiran Endra Kurniawan dari Sokola Pelangi Kertosono yang membawa gerobak baca motor Tossa.

Sejak tahun 2018,Endra Kurniawan melakukan misi keliling ke pelosok-pelosok desa dalam wilayah Nganjuk untuk memberikan layanan membaca buku gratis untuk anak-anak yang jauh dari kota.
Selaku Ketua Kopling,Heru Amurwabhumi mengatakan bahwa Syawalan Literasi adalah kegiatan pertama Kopling setelah Ramadhan 1444 Hijriyah.

“Ini acara perdana dari Komunitas Pegiat Literasi Nganjuk setelah puasa lalu kami mengadakan Ngaji Sastra secara daring.Maka,di momen Lebaran ini kami berkumpul.Selain Silaturahmi,agenda ini juga sebagai wahana menjaga eksistensi komunitas.

Cerpenis asli Nganjuk yang telah menjuarai berbagai kontes penulisan cerpen di tingkat regional hingga nasional tersebut menambahkan bahwa tujuan dari Syawalan Literasi 2023 adalah untuk mengenalkan pentingnya literasi pada anak-anak sejak usia dini.”Jika selama ini sasaran kita adalah anak usia SMP sampai dewasa,kini Kopling bergerak ke anak-anak jenjang SD”,pungkasnya.

Gayungpun bersambut,anak-anak sekitar Omah Sastra Mlorah,Rejoso kelihatan antusias dan enjoy dengan mengikuti acara yang dihadiri senior Kopling Winarto Sabdo dan Eko Endry Wiyono.Salah satunya adalah Arum yang menjadi pemenang Lomba Melukis dalam Syawalan Literasi.

Dia merasa gembira bisa mengikuti Syawalan Literasi sebab isi acaranya asyik dan menarik serta berhadiah.” Semoga tahun depan ada acara semacam ini lagi,”harapnya.

Usai acara Syawalan Literasi yang dipandu Winarto Sabdo dan Jarwoto,S.Pd,semua panitia,pengisi acara,dan peserta Syawalan Literasi makan siang bersama dengan hidangan nasi pecel dan es buah yang nikmat dan segar.@Broj