DPRD Bojonegoro Sidak Kelangkaan Pupuk Bagi Petani Hutan

Bojonegoto-menaramadinah.com-Kelangkaan pupuk bagi petani hutan masih dirasakan hingga kini dan entah sampe kapan.

Sebaai tindak lanjut dengar pendapat antara gabungan kelompok tani hutan pada tanggal 6 April 2023 lalu, dampingan LSM PK PAN, Bojonegoro, hari ini komisi B DPRD Bojonegoro melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kelompok tani hutan Desa Jono, Kecamatan Temayang.

Hadir dalam sidak ini sejumlah anggota DPRD, Selly Atyasasmi, Sigit Kushariyanto, Doni Setiyawan, Didik dan Dita, yang asli penduduk Desa Jono.

Hadir pula dua Administrator Perhutani, KPH Bojonegoro Irawan dan ADM KPH Parengan Slamet Juwanto.

Sekitar 100 petani hutan di wilayah Kecamatan Temayang, hadir, seperti KTH Wonotani Sumber Makmur Desa Papringan, KTH Mbah Dampu Awang Desa Soko dan KTH Bakulan Berkarya Desa Bakulan, dan sejumlah KTH lainya.

Maryanto, ketua Kelompok LMDH Jati Makmur, Desa Jono mengatakan, soal pupuk dan perhatian pemerintah masih sangat dibutuhkan.

“Jika menginginkan hutan menjadi lestari lagi dan masyarakat benqr-benar sejahtera, maka perhatian penuh kepada petani hutan harus dilakukan,” kaya Mbah Yanto.

Tokoh pegiat Perhutanan sosial ini meminta agar semua pegiat perhutanan sosial bisa bersatu sehingga tujuan pemerintah dengan program perhutanan sosialnya.

Sementara, Sekretaris umum LSM Pemberdayaan Kinerja Peduli Aset Negara (PK PAN) yang melakukan pendampingan terhadap 15 KTH di Bojonegoro, menyatakan siap utk mensukseskan Perhutanan sosial ini.

“Kita ini sama-sama pegiat perhutanan sosial. Ibaratnya punya tujuan sama. Namun jalannya saja yang beda,” kata Alham, yang juga mantan Reporter RCTI ini.

Alham juga berharap, DPRD benar-benar serius berpihak pada petani hutan demi kesejahteraannya.

Menuju masyarakat sejahtera, tak ada lain kecuali mencukupi pupuk bersubsidi yang langsung bisa dikelola oleh KTH, bukan kelompok tani yang lain. Sebab, sasaran pupuk berbeda. “Subyek dan objeknya beda,” jelasnya.

Alham meminta, forum sidak ini benar-benar menjadi awal terpenuhinya pupuk bersubsidi dan sejahteranya petani hutan.

Dalam acara sidak ini, juga hadir pengurus ASMPATAN yg juga pernah melakukan hearing dg DPRD Bojonegoro.

AHY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *