REUNI 22 TAHUN ALUMNI 2001 SMP 2 GENTENG SANTUNI ANAK YATIM

Banyuwangi, 25 April 2023-Berlangsung di Aula Nusantara reuni 22 tahun alumni angkatan 2001 digelar cukup meriah.  Sekalipun hanya beberapa guru yang bisa hadir menyaksikan, tidak mengurangi  semangat mereka mengenang kembali saat masih menjadi siswa di sekolah ‘wisata edukasi’ yang ada di desa Kaligondo itu.

Diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan santunan anak yatim.
Dalam kesempatan itu, kepala SMP 2 Genteng, Hj. Wahyu Handayani, M.Si. dalam pidato sambutanya mengatakan bahwa “…alumni merupakan bagian dari kekuatan sekolah. Oleh karena itu, Bunda Wahyu, meminta para alumni senantiasa ikut serta mendorong kemajuan, mendukung secara moral, terhadap program-program sekolah.

Silakan fasilitas sekolah yang ada dimanfaatkan, cetusnya. Kita punya gedung, resto, armada, tempat parkir yang memadai”.

Diberi kesempatan menyabut berikutnya konsultan pendidikan, H. Mochammad Rifai yang kerap dipanggil Mbah Guru Rifai itu menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan doanya kawan-kawan alumni terhadap upaya SMP 2 Genteng membangun reputasi menjadi sekolah berprestasi nasional. Hari ini SMP 2 Genteng ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga menentapkan SMP 2 Genteng sebagai sekolah paling inovatif. Bupati Ipuk Festiandani sempat hadir dua kali ke sekolah di desa Kaligondo itu untuk menguatkan konsep sekolah ramah anak, sekolah wisata edukasi, sekolah ramah lingkungan, sekolah pola digital, laboratarium taman bumi, dst.

Kegiatan yang dipelopori oleh Hariyanto, dkk. acara temu kangen itu berlangsung ‘gayeng’, mengenang saat masih menjadi siswa. Mereka berkumpul riang-ria tanpa membeda-bedakan status sosial ekonomi dan prestasi masing-masing. “…kita ini kawan seperjuangan, tegas ketua panitia, jangan membawa-bawa prestasi ekonomi, pamer-pamer, kecuali saling berbagi cerita yang menarik bahkan mungkin pengalaman yang bisa ditularkan ke teman lain yang membutuhkan”, cetusnya.

Pak Arif, salah seorang guru senior yang sempat hadir menyampaikan pesan agar para alumni selalu mengingat lembaga sekolah ini sebagai almamater atau ibu asuh. Sebagai penutup acara doa dibacakan oleh Pak Sakur, guru bahasa Inggris sekaligus ustadz.

Beliau mendoakan para guru dan alumni angkatan 2001 yang sudah dipanggil oleh Allas Swt. Juga dalam kesempatan itu, beliau meminta doa atas kesuksesan ikhtiar Mbah Guru Rifai, konsultan pendidikan SMP 2 Genteng, untuk bisa menjadi wakil rakyat Banyuwangi yang amanah di Pileg 2024 nanti.
Husnu Mufid, Jurnalis Menaramadinah.com