Pancasila menjadi titik temu, titik tumpu dan titik tuju membangun Peradaban.

Jakarta, Menaramadinah.com. Pengurus Besar Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB IKAPMII) menggelar Buka Puasa Bersama dan diskusi
mengusung Tema “Ideologisasi Pancasila dalam membangun Peradaban Bangsa.”

Menghadirkan Nara sumber Yudi Latif, Ph.D bertempat di Rumah Jabatan Anggota DPR RI Blok F Kalibata Jakarta, Minggu (26/03).

“Pancasila harus menjadi titik temu, titik tumpu dan titik tuju dalam membangun Peradaban.” Ungkapnya.

Ketua Umum PB IKAPMII Ahmad Muqowam menyatakan giat diskusi dimaksudkan sebagai rangkaian kegiatan menyongsong pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan dihelat di Pontianak Kalimantan Barat dan Jakarta pada bulan Mei 2023 mendatang.

“Giat ini sebagai penguatan khasanah ilmu pengetahuan. Karena ilmu pengetahuan merupakan pilar dalam membangun Peradaban.” Tandasnya

Dipandu moderator Zainul Munasihin, diikuti oleh ratusan kader pergerakan dari beragam profesi dan lintas generasi.

Secara keilmuan, kader pergerakan memiliki kompetensi dan kapabilitas yang mumpuni, berdaya saing dalam berbagai sektor. Dengan ribuan Doktor yang tersebar dari berbagai disiplin ilmu, adalah aset yang luar biasa.

Diperlukan akselerasi dan transformasi dalam melakukan konsolidasi internal PMII. Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP) menjadi inspirasi sekaligus “ruh” yang membangkitkan spirit untuk diperluas dengan ragam profesi lainnya.” Tutur H. Muhamad Nur Purnamasidi DPR RI Komisi X.

Lebih lanjut Politisi Senayan dari Dapil Jawa Timur IV Jember- Lumajang ini menekankan IKA PMII menjadi jembatan penghubung yang saling menopang, saling menguatkan. Kanalisasi profesi dan diaspora kader pergerakan menjadi pekerjaan rumah secara bersama-sama. (Red. Alien).