Membedah Hadits Hadits Nabi Tentang Kesehatan (1) : Nikmat Kesehatan Yang Sering Terlupakan

Surabaya, Menara Madinah Com.
Selamat menjalankan ibadah puasa 1 ramadhan 1444 H/23 maret 2023 semoga kita semuanya sehat (jasmani, rohani & ekonomi) sukses selalu. Dalam rangka mengisi indahnya ramadhan tahun ini, kami hidangkan tulisan berseri sederhana “Membedah Hadits2 Nabi Tentang Kesehatan”.

 

Hikmah puasa bukan hanya bisa ditinjau aspek spritual (tapi bisa juga) dilihat dari aspek sosial dan kesehatan.
Riset penelitian Agus Mustofa dalam bukunya : “Untuk Apa Berpuasa” (2004) sangat berpengaruh terhadap kesehatan “fisik & psikis”.
Jika Anda datang ke rumah sakit hari ini banyak orang yang berobat, mengapa ? Ya banyak orang yang melupakan NIKMAT KESEHATAN.

Banyak orang yang melupakan nikmat kesehatan ini diakui oleh bapak Dahlan Iskan, seorang wartawan, direktur perusahaan PT Jawa Pos energik dan gila kerja sampai lupa kesehatan nya. Divonis oleh dokter kena penyakit “Kanker Hati” dan solusi kesembuhan nya harus operasi “Ganti Hati” pada 6 Agustus 2007 di Tiongkok.

Operasi berhasil dengan pengawasan ketat dari dokter sampai sekarang.
Pengalaman kesembuhan ini dia tulis dalam buku karyanya GANTI HATI, penerbit kompas gramedia 2012.

Ya itulah nikmat kesehatan yang sering dilupakan oleh manusia, sesuai dengan hadits nabi :
عن ابن عباس قال : قال النبي ص م : نعمتان مغبون فيهما كثير من الناس : الصحة والفراغ (البخاري)
Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda : “Ada dua nikmat yang manusia seringkali lengah dan terpedaya : kesehatan dan kelonggaran waktu luang”. (HR. Bukhori)
Hadits ini mengingatkan kita semua banyak manusia LALAI menjaga kesehatannya. Sibuk, gila kerja, lupa istirahat dan pola makan, pola pikir dan pola sosial yang salah.
Muncullah penyakit penyakit modern yang sulit disembuhkan : stress, depresi, sampai bunuh diri.
Bersykurlan Anda hari ini sehat, dengan kesehatan ini setiap orang bisa menikmati apa saja yang terhampar di muka bumi.
Orang yang sehat akan bebas dan leluasa menyantap segala macam hidangan dan bisa melakukan kegiatan apa saja dan lancar tanpa gangguan.

Hal yang demikian berbeda dengan orang yang sakit. Jangankan untuk aktivitas yang berat, istirahat saja merasa tidak nyaman.
Anda lihat orang yang divonis dokter dengan penyakit kencing manis, darah tinggi, gagal ginjal, stroke…mereka makan minum dibatasi dan banyak istirahat.
Hadits di atas merupakan pesan Rasulallah Saw, banyak manusia lupa 2 kenikmatan, yaitu : Nikmat sehat dan waktu luang. Kedua nikmat ini disadari atau tidak sering dilupakan oleh banyak manusia. Baru sadar setelah jatuh sakit.

Ada mutiara hikmah kesehatan :
“Kesehatan itu mahkota bagi orang orang yang sehat, tidak akan merasakan kenikmatan sehat kecuali orang orang yang sakit”

Mari kita amalkan hadits ini, dengan peringatan dari Rasulallah Saw ini kita selalu menjaga nikmat kesehatan ini dengan keseimbangan menjaga 4 pola : 1). Pola pikir, 2).Pola makan, 3). Pola istirahat dan 4). Pola sosial.

Insha Allah kajian hadits seri berikutnya (2) : Hadits tentang pahala sakit menghapus dosa.
Selamat menjalankan ibadah puasa 1444 H/2023…..
Semoga Anda sukses semuanya…..
Barakallah….
Yahya Aziz, Syaefullah Azhari, Usman Yudi : Dosen FTK Uinsa & Kolumnis Media Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *