SMPN 2 Rogojampi, Kampanyekan GERAKAN AKSI BERGIZI SERENTAK

Banyuwangi-menaramadinah.com, Seluruh siswa dan tenaga pendidik SMPN 2 Rogojampi melaksakan senam bersama, Jumat (17/3/2023). Senam pagi ini dipandu oleh H.M. Syaifudin Zuhri. Setelah senam selesai, dilanjutkan dengan sarapan bersama.

Sarapan bersama dilakukan di lapangan basket sekolah di jalur Propinsi tersebut. Dengan bekal yang telah dibawa dari rumah, siswa dan guru sarapan bersama dengan suka cita. Setelah selesai sarapan, seluruh siswi dibagikan penambah darah dan minum secara bersama-sama.

Tepat pukul 08.30 WIB seluruh siswi baik kelas VII dan VIII mengikuti sosialisasi dari Puskesmas Rogojampi dengan tema Gertak Aksi Bergizi dan Skrining Anemia.

Pada kegiatan ini, para siswi terlihat antusias menerima materi yang disampaikan oleh pihak puskesmas tersebut. Dan kegiatan tersebut ditutup dengan skrining anemia pada seluruh siswi kelas VII dan VIII.

Dalam rangka Kampanye Gerakan Aksi Bergizi di lapangan basket sekolah pada senin (17/3/2023). Kampanye Gerakan Serentak Aksi Bergizi itu dilakukan dengan tujuan untuk mendukung percepatan penurunan stunting salah satunya dengan mencegah stunting mulai dari anak usia sekolah dan remaja.

Kampanye Aksi Bergizi guna membiasakan para remaja untuk mengonsumsi makanan sesuai menu isi piringku terutama membiasakan konsumsi protein hewani dan konsumsi Tablet Tambah Darah bagi remaja putri rutin seminggu sekali di sekolah.

Kegiatan Kampanye Aksi Bergizi diawali dengan sambutan dari Marhenyantoro, S.Pd, SH, MM , Kepala SMP Negeri 2 Rogojampi ,”Kegiatan Aksi Bergizi ini dilakukan sebagai bagian dari program sekolah ramah anak.

Dengan adanya aksi bergizi ini diharapkan anak-anak putri memahami arti sehat dan menjaga kesehatannya. Semoga siswi SMP Negeri 2 Rogojampi bisa melakukan pembiasaan hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi dan minum pil penambah darah.” urai Marhen.

Terima kasih atas semua yang membantu dan menjadi dukungan kampanye aksi bergizi, semoga kegiatan seperti ini dapat berlangsung setiap tahunnya, tambahnya.

“Kampanye Aksi Bergizi ini mengajarkan kepada para siswa untuk hidup dengan memakan makanan dengan pola mengisi piringku dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan,”” Kata drg. Ai Nurul Hidayah, Kepala Puskesmas Rogojampi , dalam sambutannya.

Para siswi juga dibekali dengan informasi kesehatan diri.

“Untuk menjadi generasi yang sehat dan bergizi maka kita harus memilih makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin. Makanan seperti itu banyak terkandung di buah dan sayur. Untuk menjaga kebersihan maka setelah makan sebaiknya kita menggosok gigi, agar plak di gigi tidak menumpuk dan menebal di gigi,” kata drg. Ai
Setelah sambutan kegiatan berikutnya adalah senam bersama diawali peregangan dengan tujuan agar otot-otot bisa lebih rileks dalam melakukan aktivitas. Setelah peregangan dilanjutkan dengan makan bekal bersama, yang berisi nasi, lauk, sayur, dan buah. Di sela waktu makan para siswi mendapatkan informasi penting dari dokter Puskesmas Rogojampi

Remaja rentan mengalami kurang gizi pada periode puncak tumbuh kembangnya, hal ini disebabkn kurang asupan zat gizi karena pola makan yang salah, remaja yang kurang gizi tidak dapat mencapai status gizi yang optimal (kurus, pendek dan pertumbuhan tulang tidak proporsional) (Rishje***)