Sisi Unik Banyuwangi

” Sisi Unik Banyuwangi “di Banyuwangi ada sisi uniknya lo. Seperti apa keunikan itu. Berikut ini laporan Arif Jurnalis menaramadinah.com Banyuwangi Utara:

Jangan bayangkan Anda akan mudah mendapatkan Sinyal HP di Dusun Laos ini.Sebuah Dusun yang letaknya ” Agak Nyelempit ” atau Terpencil dan secara Administratif,Dusun ini masuk dalam Wilayah Desa Grogol Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi.Hanya terpisah oleh Aliran Sungai Yang amat jernih dan deras,terdapat Dusun Langring Yang masuk dalam Wilayah Desa Jambesari.

Hufftt….,Berkali kali Saya harus mengucapkan Istighfar ( Kadang kadang Misuh Juga ???? ) kala Sinyal HP 4G ku tiba tiba hilang dan kemudian berubah jadi E di Dusun Laos ini.Bila Anda masuk ke Dusun ini terasa amat jauh bedanya dengan Koar Koar Bupati Banyuwangi ( Periode Kemarin ???? )

Ketika dengan Amat Pedenya bercerita di hadapan Pejabat atau Tamu dari Jakarta Yang berkunjung ke Banyuwangi,menjelaskan bahwa Banyuwangi sudah siap menyambut Era Digital.Saya pun hanya tersenyum kecut membayangkan betapa Orang Orang Penting dari Jakarta Yang terkagum kagum mendengar paparan kesiapan Banyuwangi memasuki Era Digitalisasi,harus masuk Ke Dusun Laos dan merasakan sendiri betapa susahnya Sinyal HP di Dusun Laos ini.Dari Dusun Laos ini pula Saya Mendapatkan Hikmah penting bahwa Jualan kadang Tak seindah kenyataan ????

Kembali tentang Kisah unik yg Saya alami sendiri di Dusun Laos ini.Malam Hari seusai mengikuti Acara Manaqib ( Pengajian dengan Ritual Utamanya adalah Pembacaan Biografi Syaikh Abdul Qadir Jailani dan Riwayat Beliau ) di Sebuah Pesantren di Dusun sebelah,Saya pun Pulang mengambil Jarak Singkat melalui Dusun Laos.Dan tepat Ketika Motorku menaiki Jalan menanjak Yang memisahkan Dusun Laos dengan Dusun sebelah,Tiba Tiba Saya lihat Persis di Samping Jalan berdiri Seorang Lelaki Tua berbaju Hitam dengan Rambutnya Yang panjang menjuntai.Sekilas dari Atas Motorku,Saya lirik Ia nampak tersenyum ke arahku.

Kutanyakan pada Beberapa Kawan Yang tinggal di Dusun Laos atau Dusun sebelah, Apakah ada Warga Dusun Mereka Yang Punya Ciri Ciri Fisik seperti Yang kulihat Tadi malam? Jawaban Mereka kompak bahwa Sosok Lelaki Tua Yang kulihat tadi Malam dengan Gambaran fisik Yang persis seperti kulihat tadi Malam adalah Sosok Mbah Daeng,Sosok Astral Yang dipercaya menjadi Sesepuh Dua Dusun tersebut.

Mbah Daeng ? Beberapa Desa di Kawasan Banyuwangi Yang menjadi Basis Wong Osing Banyuwangi termasuk juga Desa Kenjo Yang ada di Wilayah Kecamatan Glagah juga terdapat Mitos tentang Sosok Sepuh penunggu Desa Yang Mereka yakini sebagai Mbah Daeng.

Sepemahaman Saya,Daeng sendiri adalah Gelar Kehormatan yg berasal dari Bugis.Daeng hampir sama dengan Gelar Raden Yang ada di Jawa.Pertanyaannya : Apakah Mungkin Proses Islamisasi Wong Osing dahoeloe kala juga terdapat Andil Para Daeng Bugis ? Pasca Puputan Bayu Yang menewaskan Begitu banyak Nyawa Wong Osing Banyuwangi, Belanda pada saat itu Agak kebingungan mencari Mereka Yang mau dipekerjakan menjadi Para Pekerja Yang menggarap Kebun Yang dikuasai.Solusi mudahnya jelas adalah membuka Daerah Yang Mereka Kuasai dengan memasukkan ( Atau Masuk Sendiri ? ???? ) Orang Orang Yang berasal dari Suku Suku lain di Nusantara.

Dan dari Proses Migrasi atau pindahnya Warga Warga Suku lain ke Banyuwangi ini,masuk pula Para Daeng Daeng tersebut.Seperti Itukah Dahoeloe Engkau masuk Ke Daerah Kami Wahai Daeng Yang Terhormat ?!?!?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *