Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lumajang masih tertinggal di Kawasan Destinasi super prioritas Bomo, Tengger, Semeru.

Lumajang, Menaramadinah.com-Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui penguatan Konten Fotografi Direktorat Komunikasi Pemasaran Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf RI di Balai Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Lumajang, Kamis (23/2/2023).

 

 

Pandemi Covid 19 telah mendorong munculnya kreativitas dan inovasi. Pola dan strategi komunikasi pariwisata serta ekonomi kreatif semula bersifat konvensional. Dengan pesatnya kemajuan teknologi, mengalami perubahan dan pergeseran.

“Melalui giat Bimbingan Teknis diharapkan ada wawasan dan pemahaman baru. Untuk selanjutnya menjadi pemantik pelita kreativitas.” Ungkap H. Muhamad Nur Purnamasidi DPR RI Komisi X Fraksi Partai Golkar.

Output outcome giat ini diharapkan mampu menelurkan para pelaku UMKM tangguh, dengan berbagai terobosan yang memicu dan memacu berbagai produk kreasi baru, unik, serta memiliki nilai ekonomi tinggi. Lumajang tidak boleh kalah karena wilayahnya masuk dalam kawasan Destinasi super prioritas yakni Bromo, Tengger dan Semeru. Tandas Politisi Senayan yang akrab disapa Bang Pur dari Dapil Jawa Timur IV Jember Lumajang.

Mengoptimalkan potensi kreatif menjadi modal sosial dengan strategi komunikasi efektif. Pemanfaatan Berbagai sosial media dengan konten yang menarik, komunikatif, serta tepat sasaran menjadi keniscayaan. Kolaborasi dan sinergi dengan semua stakeholder menjadi kata kuncinya. Ujar I Gede Budiwijaya Koordinator Multimedia Kemenparekraf/ Baparekraf RI.

Narasumber Bimtek
Galih Sedayu menekankan pentingnya narasi sebagai bagian promosi. Dengan narasi yang tepat akan tergambar informasi terkait keunikan, serta karakteristik yang menjadi daya magnet suatu produk yang dipasarkan atau kreasi dari suatu destinasi wisata. Pungkasnya

Selain Bimtek, juga terdapat stand pameran dan bursa Berbagai produk UMKM setempat.

Hadir dalam giat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lumajang Ibu Yuli Harisma Wati, Kepala Desa Jarit Ibu Novita dan Kepala Desa Penanggal Cik’ono. Acara dipandu oleh Pudoli Sandra. Ikut hadir juga Afan Habibi yang merupakan Bacaleg DPRD Lumajang Dapil IV dari Partai Golkar. (Red. Alien)