Rakor SDM PKH Kec. Kandangan di Warung Kopi Mbah Siram Ds Medowo

Kediri-Menaramadinah.com Selasa Pahing, 31 Januari 2023. Hari ini, hujan sejak pagi, Para SDM PKH Kec. Kandangan mengadakan Rakor(Rapat Kordinasi) Tentang kesiapan untuk tugas bulan Februari yang tinggal satu hari lagi. Lokasi rakor di luar kantor. Tempat yang dipilih adalah warung Kopi Mbah Siram Kampung Kebon G, Ds. Medowo, karena udaranya sejuk pemandangan nya indah dan sekaligus ‘nyambangi usaha KPM’ salah satunya adalah Warung Kopi Mbah Siram ini.

Semua SDM PKH Kecamatan Kandangan bisa hadir dan juga ada beberapa Ketua Kelompok yang turut diundang untuk memberikan masukan terkait kegiatan usaha ekonomi anggota yang potensial.
Mereka menjelaskan bahwa ada beberapa anggota yang berusaha di bidang kuliner, antara lain penjual pentol, sosis, cilok, dan ayam geprek.
Termasuk Warung Kopi Mbah Siram, milik KPM PKH, yang sudah graduasi alami ini, dia adalah Kusrini, yang viral dengan sebutan ‘Mbah Siram’ Si Manusia Hutan.

Pada acara Rakor kali ini Kusrini menyiakan ‘Sarapan Wong Gunung’ dengan menu tradisional nya yang khas, ada nasi jagung, ‘ampok’, nasi beras, lauk nya; kulupan daun singkong, bunga turi, kacang panjang, daun sentrong, terong dengan bumbu sambal kelapa diberi pecahan genting, sambal ini disebut ‘sambal kreweng’, oseng pakis dan terong pokak, sayur lodeh bung(bambu yang masih muda), sambal bakar, lauk begedel talas kuning, krupuk upil, ikan asin dan air kendi. Buah nya salak dan bendoyo labu siam hijau.
Ridhofi SDM yang mendamping Desa Medowo menjelaskan bahwa Warung Kusrini ini sudah mulai di kenal banyak orang, mereka datang dari luar desa bahkan luar Kecamatan Kandangan. “Ada yang khas dan unik, antara lain menunya sederhana, bahan nya masih segar karena sayur langsung di petik dari kebun dan hutan. Sedangkan peralatan memasak masih menggunakan kayu bakar, tempat makan dari daun dan tempat air minum nya kendi dari tanah” kata Ridhofi dengan senyum dan tawa nya yang ‘ngangeni” sederet gigi nya yang indah.

Sementara itu Nia Kumalasari, sang bendahara sangat terkesan dengan ‘sambal kreweng’. “Wah bau tanah nya menambah selera” celetuk nya.

Kusrini menjelaskan bahwa satu porsi lengkap bisa cukup untuk sarapan sepuluh orang atau bahkan sampai lima belas orang.

“Wah untuk Sarapan Pagi yang mengesankan ini hanya sekitar dua ratus ribu rupiah, saja” ungkap Nia. Dia juga menambahkan bahwa semua sisa makanan yang ada bisa di bungkus untuk di bawa pulang.

Hasil dari Rakor kali ini yang terpenting adalah pertama Semua SDM Siap melaksanakan tugas dengan penuh semangat, saling bahu-membahu, atau ‘kompak’, kedua Jaga Kesehatan Diri, karena cuaca tidak menentu, artinya hujan turun sewaktu-waktu.
Korcam Kecamatan Kandangan Budi Irawan,SE, menandaskan bahwa para SDM PKH diharapkan terus meningkatkan kapasitas diri dan memberikan pelayanan terbaik untuk semua KPM binaan nya khusus nya dan semua KPM PKH Kecamatan Kandangan.

Suasana jalannya Rakor sangat akrap, gayeng dan penuh dengan selingan humor yang menambah semarak.
Tanpa terasa sudah lebih setengah hari, azan Duhur sudah berkumandang, waktu makan siang sudah mengundang, Mbah Siram mempersilahkan menikmati semua sajian nya yang mengundang selera makan.
Ada yang sudah menyiapkan diri sejak pagi tidak sarapan, sehingga bisa makan semua jenis masakan.
Usai acara makan-makan menjadi pertanda selesai nya Rakor yang berkesan hari ini
Bagi masyarakat yang ingin mengadakan kegiatan di Kampung Kebon G Ds. Medowo, yang sekarang menjadi desa wisata ini, ingin menikmati masakan Mbah Siram, bisa kontak nomor ini: 0852-3327-5378

Nur Habib, mengabarkan.