RAT Kopkar Cendekia SMANKAR Tutup Buku 2022, Sejahtera dengan Koperasi

Lamongan, Menaramadinah.com.- Rapat anggota mempunyai peranan penting dalam menentukan maju atau mundurnya tata kehidupan Koperasi, karena rapat anggota membahas persoalan yang timbul dalam kegiatan Koperasi yang kemudian akan dicari jalan cara penyelesaiannya untuk mengatasi persoalan dalam membuat program kerja Koperasi harus di tetapkan oleh rapat anggota sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam Koperasi.

 

Urgensi hal tersebut, Koperasi Karyawan (Kopkar) Cendekia SMA Negeri 1 Karangbinangun, Kab. Lamongan menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku 2022, bertempat di Ruang Guru Smankar, Rabu (25/1/ 2023).

Pembina Kopkar Cendekia, Drs.H.Ali Nurdin, M.Pd memberikan arahan dan harapan peningkatan, bukan saja SHU namun ada manfaat atau unsur barokah (berkah, red) yang bisa dirasakan oleh anggota yakni keluarga besar Smankar.

“Bahwa nilai manfaat koperasi adalah dari kita untuk kita. Jadi menimbang pengembangan usaha di koperasi itu harus digali lebih kreatif, bukan melulu pada usaha simpan pinjam saja.
Maka ke depan ada planning pengembangan usaha yakni Mini Market Sekolah yang pengelolaannya bersinergi dengan koperasi. Insya Allah dengan perkembangan tersebut, kita bisa Sejahtera dengan Koperasi,” tutur pembina yang juga Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Karangbinangun ini.

Adapun Ketua Kopkar Cendekia, Totok Sukarso, S.Pd, kepada media mengatakan RAT ini sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi, serta bagian dari pertanggungjawaban pengurus, dimana anggota melalui forum ini bisa mengevaluasi dan sekaligus menyampaikan aspirasi.

“Dengan penyelenggaran RAT yang tepat waktu merupakan bukti keseriusan dan niat baik kepengurusan sebuah koperasi. Juga dengan berbagai masukan pengawas dan anggota yang intinya untuk kebaikan organisasi,” katanya.

Dari pantauan media ini RAT Kopkar Cendekia ini berakhir hingga pukul 15.00 Wib berjalan lancar. Namun sebelumnya juga dilakukan pergantian 2 orang Dewan Pengawas yang telah purna tugas. RAT ditutup dengan acara khusus yakni doorprize pada anggota terbaik.
*DANAR SP*