Jelang Hari Juang Kartika, TNI Bersihkan Tugu Monumen Perjuangan Kadet Soewoko

Lamongan, Menaramadinah.com.- Monumen Kadet Soewoko merupakan salah satu monumen bersejarah di Kabupaten Lamongan. Jejak perjuangan dan pengorbanan Kadet Soewoko dkk tertulis jelas di monumen tersebut.

 

Terlihat beberapa personil TNI membersihkan monumen tersebut jelang peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2022. Beberapa personil TNI terlihat sibuk membersihkan rumput liar yang menghiasi monumen yang terletak di Desa Gumantuk Kecamatan Maduran, Jumat (09/12/2022).

Danramil 0812/16 Sekaran Kapten Kav Sumaji mengajak kepada warga masyarakat agar selalu menghormati siapapun pahlawan yang telah berjasa dan berjuang untuk bangsa dan negara Indonesia.

‚ÄúSudah selayaknya kita selalu menghormati jasa dan perjuangan para pahlawan. Salah satu caranya adalah dengan merawat dan menjaga monumen Kadet Soewoko ini. Ini juga merupakan kegiatan yang rutin kita laksanakan terutama mrnjelang peringatan Hari Juang Kartika,” ucap Danramil.

Seperti yang kita ketahui bersama, gugurnya Kadet Soewoko sebagai patriot bangsa mempunyai arti khusus bagi rakyat Lamongan. Semangat kepahlawanan, patriotisme tanpa kenal menyerah walau dalam keadaan terjepit merupakan identitas dan selalu memberikan inspirasi semangat perjuangan bagi masyarakat Lamongan dalam menghadapi tantangan hidup yang berat. Waktu itu Kabupaten Lamongan merupakan bagian dari wilayah pertempuran Brigade Ronggolawe yang disebut Daerah Operasi Timur (DOT) dibawah pimpinan Kapten Soekarsono.
*DANAR SP*