Anjani Juara II Pencak Silat Pelajar Tingkat Nasional dari SMP 2 Genteng Banyuwangi.

Banyuwangi-Tiada hari tanpa prestasi yang menjadi jargon di SMP 2 Genteng bukanlah isapan jempol. Dalam bulan November tahun ini (2022) sudah mendapatkan enam kejuaraan. Juara II Bridge U 15 tingkat Provinsi Jawa Timur, Juara II Lari Estafet Tingkat provinsi, juara I pembuatan Flog bagi guru Tk Kabupaten, Pencak Silat Jawa Bali, dan terakhir Anjani dalam pertandingan perorangan Pencak Silat tingkat Provinsi.

 

“…kuncinya ada di pembinaan”, ucap Kasek Hj. Wahyu Handayani, M.Si. yang dikenal sebagai kepala sekolah yang semangat berinovasi. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang sedang digagas sebagai sekolah wisata edukasi ini, benar-benar diseriusi. Bakat minat siswa bidang non-akademik penting dilayani optimal karena bagian dari pembinaan karier masa depan siswa. “Kalau cabang olah raga yang ditekuni siswa tidak tersedia di sekolah maka siswa yang bersangkutan direkomendasi untuk mengikuti latihan di tempat yang ditunjuk”, jelas Bunda Wahyu.

Anjani Fatma Naila Mustofa yang masih duduk di kelas VII itu dibilang sebagai siswa dengan talenta istimewa. Sekalipun fisiknya seperti bukan seorang atlet ternyata dalam satu bulan ini mencetak rekor dua kejuaraan.
1. Juara I Lomba Lari Estafet tingkat Jawa-Bali.
2. Juara II Pencak Silat Tingkat Nasional.
Anak dari keluarga sederhana ini tidak hanya hebat di bidang non-akademik saja, melainkan bagus juga kompetensi akademiknya, tutur wali kelasnya. Juga memiliki kepribadian yang baik, pintar bergaul. Anjani panggilan sehari-harinya disukai teman-teman sebayanya.

Ayahnya Bisri Mustofa, seorang wiraswasta yang memiliki usaha kripik di rumahnya, dusun Resomulyo, Gentengwetan, Kecamatan Genteng sangat mendukung pada kegiatan ekstrakurikuler anaknya.

Pendidikan anak bagi saya nomor satu, ujar Pak Bisri dengan penuh semangat. Pengawalan dan pengawasan terhadap latihan Anjani menjadi prioritas, ucap Misnati Atmanegara, S.Pd. selaku pembina ekstrakurikuler. “…kami akan terus menggenjot mereka untuk dipersiapkan mengikuti even perlombaan di tingkat nasional, ujarnya dengan penuh optimis. Diketahui, Ibu Misnati guru penjaskes senior yang telah berhasil berkali-kali mengantarkan siswa asuhnya berprestasi hingga tingkat nasional.
MR Jurnalis Menaramadinah. Com