SATU AKSI “GERMAS ” UNTUK PENINGKATAN GIZI SISWA MADRASAH

Jember-,menaramadinah.com-Bertempat di halaman MTsN 8 Jember , hari ini tanggal 23 Nopember 2022, para siswa dan guru Tumplek blek mengikuti kegiatan GERMAS ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ) yang di fasilitasi oleh Puskesmas ROWO TENGAH , kabupaten Jember .

Tampak hadir , kepala Desa, pak Camat ( Murdhihartono ) , KA Polsek ( AKP Fathurrahman ) , Danramil (Kapt, R .Sagala ), kepala KUA Sumber baru ( Kholil , M.Sy ) , kepala puskesmas Rowo tengah ( dr Sugiarto ) dan tuan Rumah MTsN 8 Jember ( I.Musthofa Zuhri , M.Pd.I ) beserta dewan guru dan karyawan .

Dalam sambutannya Murdhihartono, mengatakan :

“Kita harus selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar supaya terhindar dari berbagai macam penyakit , termasuk virus Corona yang masih berkeliaran di negara kita ” ini penting !” kata camat yang baru 4 bulan dilantik di Sumber baru ini .

Generasi yang kuat adalah generasi yang selalu menjaga diri dari segala hal yang menimbulkan penyakit . ” Kesehatan itu penting ” tandasnya.

Sementara itu , Kapolsek Sumber baru , Fathurrahman, orang orang yang didepan ini , kades , camat , Kepala KUA, kepala Puskesmas, Danramil , kepala Madrasah dan saya , akan diganti kan dengan anda yang didepan saya ini , yakni siswa siswa hebat MTsN 8 Jember.

” Untuk itu , siswa MTsN 8 Jember, perlu mempersiapkan diri anda sejak dini , agar tongkat estafet peralihan dari kami ke anda semua bisa berjalan dengan baik , hindari jangan terlalu banyak bermain HP terus terusan ” harapnya . Kalau pikiran anda , mulai bangun pagi sampai mau tidur lagi , hanya main HP melulu dengan melupakan belajar dan sosialisasi diri maka , akan tergerus dengan prilaku yang kurang baik , lanjut Teman satu bangku pak camat Sumber Baru ini dengan mimik serius

Ayo, apa yang anda lakukan ketika sehabis bangun tidur ? Tanya Kapolsek ini sepontan .

Semua siswa menjawab beragam , tapi ada satu siswa yang menjawab sepontan dan keras terdengar Fathurrahman, ” buka HP ” jawab Aurel kelas 7 C Ini .

Spontan Kapolsek murah senyum ini , meminta siswa untuk tampil ke depan , dan dompet Kapolsek di buka , selembar uang 100 ribu di berikan nya pada anak tersebut. Se isi ruangan pun ramai , tepuk tangan .

” Ini contoh siswa yang jujur ” maka saya apresiasi dengan hadiah uang saya ” ujar Fathurrahman

Sementara itu , Kholil , Msy, menjelaskan, kegiatan hari ini cukup luas biasa . Saya hanya melanjutkan titipan kepala puskesmas ROWO TENGAH, dr Sugiarto dan pak Kamad MTsN 8 Jember, Musthofa Zuhri, bahwa gerakan masyarakat hidup sehat ( GERMAS) hari ini adalah kegiatan rutin tahunan

Mengapa harus ada gerakan hidup sehat ? Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang luar biasa kuat , maka saya berharap pada siswa siswi MTsN 8 JEMBER, agar sarapan dulu sebelum berangkat ke Mdrasah .

Sarapan yang ber Gizi, konsumsi buah agar bisa fokus dalam belajar . Dan ingat lah sabda Nabi , berhenti makan sebelum kenyang ” tandas pria yang dilantik bulan April ini .

Menjaga kesehatan itu tak hanya penting manfaat nya untuk diri pribadi kita , tapi juga untuk negara dan Bangsa. Kalau generasi muda sehat semua , bangsa kita akan unggul dalam segala aspek .

Maka tadi saya bincang bincang dengan kepala puskesmas, acara hari ini dimulai dengan senam Germas , senam cuci tangan dan pemberian Tablet tambah darah untuk yang hadir di forum ini . Tujuan nya agar generasi kita sehat semua dan kuat tubuhnya , jernih pikiran nya ” lanjut kepala KUA Sumber baru ini .

Terakhir , saya menyampaikan titipan sahabat Musthofa Zuhri dan pak dr Sugiarto

“Kalau tadi kegiatan di mulai di lapangan ( Out Door ) sekarang dilanjur dengan di dalam ruangan ( In Door ) . Yang di pandu oleh 9 instruktur ahli gizi dan kesehatan dari puskesmas Rowo tengah “trimakasih banyak kepada semua yang hadir dari MUSPIKA kecamatan Sumber baru, dan mohon maaf jika kami ada kekurangan”pungkas nya (fid )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *