SMPN 3 Sindang lndramayu Gandeng Organisasi Dongeng lndonesia untuk Memperkuat Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

Indramayu.23/11/2022. menaramadinah.com Urgensi kecakapan literasi merupakan kebutuhan penting di era digital saat ini . Sehingga literasi ditetapkan sebagai Gerakan Literasi Nasional. Di SMPN 3 Sindang secara eksis dan rutin serta berkesinambungan menyelenggarakan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam mensukseskan Gerakan Literasi Nasional (GLN).

 

Dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMPN 3 Sindang menampilkan literasi dongeng dengan menggandeng ODI ( Organisasi Dongeng Indonesia) lndramayu, yang diwakili oleh Kak lgit Rosipah.

Dalam kesempatan itu, Kak lgit Rosipah dan boneka EGI mendapat tanggapan yang positif dan antusias dari para siswa.

Menurut penanggung jawab GLS SMPN 3 Sindang, H. Sujaya, S.Pd. saat ditanya alasan menghadirkan pendongeng dari ODI, bahwa Kak lgit Rosipah ini sudah berpengalaman eksis mendongeng lebih dari tiga tahun dan sudah berkali-kali diundang mengisi forum anak dan sekolah.

” Bahkan begitu banyak kegiatan dan peran yang dipegangnya, seperti pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Indramayu dipercaya sebagai tenaga ahli mendongeng, pada BPBD Kebencanaan diperbantukan dalam pendampingan anak-anak terdampak Bencana, khususnya di wilayah Indramayu. Di samping
juga sering diundang di luar wilayah lndramayu dan juga live online Nasional. Tujuan untuk pendampingan anak (trauma Healing) di daerah bencana/musibah.” demikian pungkas Sujaya

Sementara itu Kak lgit Rosipah saat diwawancarai media mengatakan selepas memberikan presentasi di hadapan para siswa di lapangan sekolah, bahwa
tujuan dan motivasi mendongeng boneka adalah untuk menghidupkan, Menggiatkan dan mengembangkan dunia literasi bersama Literasi Dongeng bagi anak-anak dan dunia sekolah, serta dalam rangka ikut serta berkontribusi dalam pembentukan karakter anak-anak bersama dongeng.

” Sementara itu harapan dan obsesi kami dunia Literasi anak-anak khususnya literasi membaca, bisa semakin kuat an meningkat dengan stimulus dongeng dan bercerita. Sehingga kegiatan membaca semakin tinggi serta pembentukan karakter positif bagi anak-anak terbentuk lewat dunia Literasi ini.” pungkas Kak lgit .

Kepala SMPN 3 Sindang Tariwan, S.Pd. MM. mengatakan bahwa dirinya merasa bangga dengan pelaksanaan program GLS di sekolah yang sudah dilaksanakan dengan penuh semangat dan terpadu serta berkesinambungan sehingga sering menjadi juara Lomba literasi dan menulis ilmiah hingga tingkat nasional, juga juara dalam lomba stand literasi terbaik saat pencanangan literasi dari perpustakaan provinsi di lndramayu.
(Jaya ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *