Pendampingan Metode Beber Matematika (Bermain Sambil Belajar Matematika) Bagi Guru Sekolah Dasar

Narasumber Sri Hartatik, S.Si., M.Pd memberikan beberapa motode beber matematika sambal bermain sambal belajar matetika kepada guru sekolah dasar memberikan dampak sangat menarik.

 

Banyak siswa sekolah dasar yang menganggap matematika sebagai pembelajaran yang paling sulit dan rumit. Dengan demikian, siswa harus dapat memahami pembelajaran matematika karena matematika merupakan sarana untuk memecahkan masalah sehari-hari seperti halnya membaca dan menulis.

Kesulitan belajar matematika dalam memahami konsep harus diberikan solusi sedini mungkin, kalau tidak siswa akan menghadapi banyak masalah kedepannya karena hampir semua bidang studi membutuhkan matematika yang tepat.

Salah satu faktor penyebab kesulitan belajar adalah motivasi belajar dan minat belajar matematika, rendahnya motivasi dan minat belajar matematika disebabkan karena kurang tepatnnya metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Setiap konsep atau prinsip dalam matematika yang disajikan dalam bentuk yang konkret akan dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik.

Pembentukan konsep matematika dapat dicapai melalui serangkaian pola yang saling berhubungan dalam sebuah urutan kegiatan pembelajaran yang terencana antara bagian struktur pengetahuan dengan sebuah pebelajar aktif, menggunakan media khusus yang dirancang untuk pembelajaran matematika.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan suatu metode pembelajaran matematika yang merupakan pengembangan dari teori belajar dienes yaitu metode BEBER yaitu Bermain sambil belajar matematika.

Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan ini yaitu metode pelatihan dan pendampingan. Dimana akan dipaparkan terkait metode BEBER matematika dilanjutkan simulasi permaianan, kemudian peserta diminta untuk merancang pembelajaran dengan menggunakan metode BEBER Matematika.

Target dari kegiatan ini yaitu peeserta pelatihan memahami metode BEBER Matematika dan dapat menerapkan dalam pembelajaran matematika . Sunanto