PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI UPT SD NEGERI 342 GRESIK

Gresik-menaramadinah.com-Perkembangan teknologi khususnya dalam dunia pendidikan saat ini berkembang sangat pesat sekali.

Berbagai kebutuhan dalam dunia pendidikan kebanyakan memanfaatkan teknologi, seperti administrasi, media pembelajaran, dan lain-lain.

Pelatihan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di UPT SD Negeri 342 merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Mengingat di sekolah tersebut masih minim informasi terkait TIK.

Sebanyak 8 guru dan 36 siswa mengikuti kegiatan pelatihan ini. Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka langsung di sekolah, dilanjutkan dengan pendampingan secara online dan offline. Pelatihan materi yang disajikan adalah Augmented Reality (AR) pada aplikasi Arloopa, penggunaan The Physics Education Technology (PhET) untuk praktikum siswa virtual, dan mentimeter.

Penyampaian materi oleh narasumber diikuti dengan praktek langsung oleh peserta pelatihan sehingga peserta dapat lebih mudah memahami cara mengoperasikan aplikasi yang dijelaskan. Awal mula peserta diminta untuk menginstal aplikasi yang disampaikan oleh narasumber.

Langkah-langkah penyampaian materi disampaikan dengan sangat detail oleh narasumber agar peserta dapat memahami dan mempraktekkan dengan mudah. Setelah kegiatan pelatihan dilakukan evaluasi untuk mengetahui kelebihan serta kelemahan pelaksanaan kegiatan sebagai bahan perbaikan pada implementasi selanjutnya.

Setelah mengikuti kegiatan pelatihan dan pendampingan, semua guru dan siswa memiliki pengetahuan serta kemampuan tentang teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Setelah sesi pelatihan dan pendampingan selesai, peserta menerima formulir Google untuk diisi guna memberikan respon terkait pengalaman mereka dengan beberapa aplikasi yang telah dilatihkan, sekaligus perasaan peserta secara keseluruhan dengan program kegiatan ini.

Pelatihan TIK ini sangat penting sekali diterapkan khususnya bagi sekolah-sekolah yang minim pemahaman terkait teknologi, baik Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah. Karena saat ini perkembangan teknologi sangat pesat sekali. Oleh karena itu, sebagai seorang pendidik harus cepat dalam beradaptasi.

Sunanto