Pemikiran Drs. Moh Ghozali, MMPd Menyambut Hari Guru Nasional 2018

Drs. Mohamad Ghozali, MMPd.
Ketua Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) SMK Pertanian dan Kemaritiman Provinsi Jawa Timur. Berikut ini pemikirannya tentang Hari Guru Nasional 2018:

Momentum Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini mempunyai arti yang strategis. Saat ini kita memasuki era Revolusi Industri 4.0, dimana semua aspek kinerja dan bahkan segala hajat hidup mulai dirambah *dunia digital*. Ilmu pengetahuan, perdagangan, komunikasi, transportasi, dll serba digital. Tenaga manusia dan transaksi konvensional sudah banyak ditinggalkan.

Di era ini masyarakat harus siap, terutama generasi muda, dari usia dini sampai usia produktif. Jika tidak. Akan tergilas dengan perubahan.

Di sinilah letak pentingnya peran dunia pendidikan terutama perjuangan dan pengabdian Guru untuk mempersiapkan anak bangsa menyongsong era digitalisasi.

Strategi layanan pendidikan sudah harus ada perubahan, tidak saja semua standar pendidikan yg serba digital tetapi sangat diutamakan penyiapan sikap mental dan ahlaq/ karakter agar bisa menyesuaikan dengan era yg dihadapi . Melalui peringatan HGN ini perlu penekanan pendidikan ahlaq / karakter untuk menyongsong era digitalisasi dg tetap bertumpu pada niliai dasar pendidikan warisan pejuang pendidikan pendahulu kita.

Husnu Mufid

Koresponden MM.com