KIRAP PUSAKA NUSANTARA & SANTRI TPQ

Tuban – menaeamadinah.com : Pada hari Rabu tanggal 17 Agustus 2022 , memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 bertepatan dengan tahun baru hijriyah {Muharram 1443 H) digelar Kirap Pusaka Nusantara dan Kirap Santri TPQ Nurul Yaqin desa Leran Wetan, Palang, Tuban.

Pagi harinya digelar khotmil qur’an di musholla setempat, sedang siang harinya puluhan satri TPQ dan murid Padepokan Sastro Jendro Santri Kober mengirap ratusan pusaka nusantara (keris, tombak, dll.) melintasi perkampungan desa Laren Wetan sejauh 7 kilometer. Para warga antusias menyaksikan kirab siang itu. Saat media ini mewawancarai Habib Hilmi, Tuban (Penasehat Spriritual Padepokan) menyampaikan, “Kegiatan ini sangat positif sekali bagi pemuda untuk mencintai budaya dan bangsanya, negeri Indonesia dan untuk syiar Islam”.

Sementara itu, saat media ini mewancarai Gus Choirul Anam, Pengasuh TPQ Nurul Yaqin dan Guru Besar Padepokan Sastro Jendro Santri Kober menyampaikan, “Selain untuk nguri-nguri atau melestarikan peninggalan nenek moyang kita dan sebagai upaya pendidikan masyarakat agar tidak mengkultuskan barang pusaka warisan leluhur.”

Lebih lanjut, Gus Anam menambahkan bahwa padepokannya juga mendidik generasi muda memahami agama melalui pembinaan spiritualitas, sehingga mereka dapat terselamatkan dari kenakalan remaja.

Terkait banyaknya koleksi pusaka nusantara di padepokannya, dia akan tetap tekun merawatnya meski belum ada perhatian dari pihak pemerintah/museum. Sebab hal itu, sudah dilakoninya sejak tahun 2002. Dan mulai tahun 2018 sudah mulai gelar kirap pusaka nusantara. (Ried)