Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Tidak Bisa Simsalabim.

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

Pengendalian kegiatan bersama dalam bentuk gelar produk usaha ternyata sulit sulit mudah.Hal ini di sampaikan penulis yang juga selaku wakil ketua himpunan pengusaha pribumi Indonesia,Jawa Timur usai menjalankan sholat duhur berjama,ah di siang hari ini.

Ketika mencoba meninggalkan kebiasaan lama yang hanya menerima laporan hasil tim yang turun ke bawah,dengan langsung menyelami situasi di para pengusaha ternyata pelik juga adanya.

Ajang pameran yang di harapkan akan terjadi pembelian besar besaran di saat berlangsungnya pameran plus terjadinya order berkelanjutan usai pameran merupakan sebuah nilai plus dalam kepesertaan dalam ajang pameran.Lain dari pada itu dari sekian pengusaha kecil yang di kunjungi rata rata terkendala hanya siap produksi,dan tidak siap ikut langsung di kegiatannya.

Di dapati juga ada yang punya jiwa siap aktif dalam kegiatan tetapi ada saja yang di tanyakan,yang membuatnya “nek” dan ketika di putuskan untuk tidak usah ikut, gelombang protes yang terjadi.

Kesimpulan akhir memang kegiatan ajang pamer itu kerja cepat hasil bisa maksimal,tetapi proses menuju ke arah itu ternyata banyak problematika yang menyertainya. Bagaimana tanggapan anda.?