Tidak Ada Lagi Diklat CAKEP, Guru Penggerak dan Permendikbud No 40 Tahun 2021 Solusinya.

Jember,28 Mei 2022. MenaraMadinah.com.
Hari ini Sabtu,28 Mei 2022 bertempat di taman wisata Mini Zoo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember berlangsung acara silaturrahmi kepala sekolah alumni LP2KS Solo, yang dihadiri oleh plt kepala dinas pendidikan Jember H.Sukowinarno,SH,SPd.MSi, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dhebora Krisnowati Sumarahiningsih,SPd.MPd, Kabid Dikdas SD Endang Sulistyowati,MPd, Kabid Tendik Dispendik Drs.Ismail. Dalam sambutannya Plt Kadispendik H.Sukowinarno,SH.SPd.MSi menyampaikan silaturrahmi perlu ditumbuhkembangkan meskipun sudah pensiun untuk berbagi informasi dan merekatkan hubungan persaudaraan.

Plt Kadispendik H.Sukowinarno,SH.SPd.MSi menjelaskan bahwa Diklat KS LP2KS Solo sekarang sudah tidak ada lagi diganti dengan GURU PENGGERAK yang bisa jadi kepala sekolah dan pengawas. Bersiap-siaplah semua KS yang hadir menjadi pengawas karena jumlah pengawas sekolah sekarang kurang. Dalam peraturan Permendikbud & Ristek No 40 Tahun 2021 masih ada celah guru reguler bisa menjadi KS apabila disuatu daerah tidak terdapat guru yang memiliki sertifikat diklat cakep dan tidak ada guru penggerak tapi dibatasi 4 tahun masa tugasnya. Ungkap Sukowinarno.

Lebih lanjut Plt Kadispendik Sukowinarno,SH.SPd.MSi menjelaskan bahwa di Jember ada 117 posisi kepala sekolah kosong yang harus segera diisi. Semoga dengan Permendikbud No.40 Tahun 2021 hal itu segera bisa terealisasi mengingat sebentar lagi ada penandatanganan ijasah SD SMP. Saya titip kepada ibu Kabid Dikdas Endang Sulistyowati untuk meningkatkan komunikasi dengan KS terkait dengan pendidikan dasar jangan sampai anak anak lulusan SD tidak melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi yaitu SMP. Selain itu saya titip kepada bapak ibu untuk menjaga anak didik kita jangan sampai terlibat dengan Narkoba. Ungkap Sukowinarno.

Sebagai arahan penutup, Plt Kadispendik menyampaikan bahwa pelantikan 623 KS kapan hari merupakan bagian peningkatan pelayanan dan kepastian hukum. Kami memang tidak sempurna tapi akan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di Jember. Untuk pembangunan infrastruktur sarana prasana sekolah yang rusak semoga saja tahun depan bisa terealisasi anggaran pembangunannya mengingat program pembangunan infrastruktur jalan sudah hampir selesai. Pungkas Sukowinarno.

Penulis : Lukman Hakim