Pondok Ramadhan 1443 H Smankar, Gembleng Siswa Berkarakter dan Beraklaqul Karimah

Lamongan – Menaramadinah.com. Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi setiap lembaga pendidikan untuk menempa para siswanya dalam hal ilmu keagamaan sehingga banyak sekali kegiatan yang akan diselenggarakan seperti kegiatan pondok Ramadhan atau istilah lainnya Pesantren Ramadhan, Pesantren Kilat, dll.

Sebagai agenda rutin tahunan, di bulan suci Ramadhan 1443 H/ tahun 2022 ini SMA Negeri 1 Karangbinangun, Kab. Lamongan kembali menggelar kegiatan Pondok Ramadhan untuk siswa kelas X dan XII.

Data jurnalis menaramadinah.com ini melalui Waka Kesiswaan Smankar, Khoirul Huda, S.Pd, M.Pd pada pelaksanaan kegiatan ini Pondok Ramadhan 1443 H, panitia membagi dalam dua sesi pelaksanaannya. Untuk kelas XI dilaksanakan hari Rabu-Jumat, tanggal 20-22 April 2022. Sedangkan kelas X dilaksanakan pada hari Senin-Rabu, tanggal 26-27 April 2022.

Adapun materi kegiatan Pondok Ramadhan SMA Negeri 1 Karangbinangun meliputi : Tadarus Alquran, Aqidah, Infak dan Shadaqah, Thaharah dan Kesehatan, Mustholah Hadist, Haji dan Umrah, Zakat Mal dan Zakat Fitrah, Salat Fardu dan Jama’ Qosor, Bab Puasa, Akhlaqul Karimah, Alquran, dan Menuntut Ilmu.

Dari pantauan Menaramadinah.con, tampak siswa-siswa yang begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan harapan semoga kegiatan ini menjadi bekal yang bermanfaat untuk mendukung proses belajar dan mencapai prestasi di sekolah

“Alhamdulillah, kegiatan Ramadhan di Smankar ini saya rasakan bermanfaat. Materinya juga cukup untuk menambah keilmuan keagamaan, pemperdalam iman dan ketaqwaan saya. Ini seperti juga yang dirasakan teman-teman kok,” kata Iqbal, siswa jelas XI yang juga salah satu pengurus OSIS.

Di sela-sela kegiatan, Kepala SMA Negeri 1 Karangbinangun, menuturkan kegiatan religi ini memberikan bimbingan kepada siswa tentang pemahaman tentang ibadah di bulan Ramadhan, seperti yang diberikan di materi
kegiatan.

“Hikmahnya, kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan intensif yang dilakukan dalam jangka tertentu yang diikuti secara penuh oleh siswa, dengan maksud menggembleng mereka yang notabenya sebagai generasi-generasi Islam yang beriman dan bertakwa serta berakhlakul karimah,” harap H. Ali Nurdin.

Sedangkan Ketua Panitia, Drs KH. Mohamnad Anwar (Abah Anwar) mengatakan pentingnya kegiatan ini untuk peningkatan amal ibadah peserta didik, guru atau yang lainnya pada bulan Ramadhan. Yakni membentuk kepribadian peserta didik baik sacera rohani maupun jasmani dengan melakukan kegiatan keagamaan pada saat beribadah puasa dan amal-amal ibadah lainnya yang dikerjakan.

” Intinya, memberikan pemahaman kepada para siswa tentang ajaran agama dan bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan juga untuk memperdalam iman dan takwa,” tegas Abah Anwar.
*DANAR SP*