Dharma Wanita SMA Negeri 1 Karangbinangun, Gelar Baksos Sembako Ramadhan untuk Warga Sekitar

Lamongan – Menaramadinah. com. Momentum sepuluh hari terakhir Bulan suci Ramadhan ini ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMA Negeri 1 Karangbinangun, Lamongan (Smankar) menggelar Bhakti Sosial Ramadhan dengan kegiatan Pembagian Paket Sembako, Jumat, (22/4/2022).

Kegiatan Baksos Ramadhan ini diwujudkan dengan pemberian Paket Sembako yang diperuntukkan untuk warga sekitar kampus (sekolah).

Kepada jurnalis Menaramadinah.com, Ketua DWP SMA Negeri 1 Karangbinangun Hj. Mas’amah Ali Nurdin menyebutkan pengurus dan anggota DPW Smankar telah menyiapkan 20 paket sembako Ramadhan yang berupa bahan makanan atau kebutuhan pokok sehari-hari itu siap dibagikan pada warga (KK) sekitar sekolah.

Adapun titik sasaran meliputi Desa Windu dan Desa Sambopinggir yang merupakan desa atau wilayah terdekat dari sekolah.

Dengan mengusung tema” Ikhlas Berbagi untuk Meraih Ramadhan yang Hakiki” ini ibu-ibu DWP Smankar bertekat membantu warga yang kurang mampu sebagai wujud kepedulian kepada warga yang berada di sekitar sekolah. Sekaligus mengacu pada visi misi ke lembagaan SMA Negeri 1 Kara ngbinangun yakni Berwawasan Lingkungan .

” Karena moments Ramadhan, maka Baksos ini juga kita selaraskan dengan Peringatan Nuzulul Qur’an, dan juga Peringatan Hari Kartini,” kata Hj. Mas’amah Ali Nurdin.

Sedangkan dipilihnya warga sekitar sekolah sebagai penerima Paket Sembako itu, mengacu pada aspek religi yakni berbagi dan mementingkan tetangga merupakan perbuatan yang akan mendapat pahala yang besar dari Allah SWT.

Referensi HR Bukhari Nomor 5589, dan Muslim Nomor 70, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam mengatakan, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia muliakan tetangganya.”

“Dengan berbagi kepada warga sekitar, ini sesuai ajaran Islam, bahwa berbagai makanan dengan kerabat atau tetangga hukumnya adalah sunah. Jika dilakukan akan mendapatkan pahala. Rasulullah SAW kerap mencontohkan untuk berbagi makanan dengan kerabat dan tetangga meskipun jumlahnya tak banyak. Momentum Ramadhan ini marilah sebisanya kita untuk berbagi pada sesama, terutama tetangga kita, yakni warga di sekitar sekolah ini,” jelas Hj. Mas’amah .

Selanjutnya istri Kepala SMA Negeri 1 Karangbinangun, Drs. H. Ali Nurdin, M.Pd ini pun mengapresiasi dan mengucapankan terima kasihnya kepada seluruh anggota DWP Smankar yang telah berinisiatif menggelar acara baksos ini berjalan dengan baik dan lancar.

Harapannya, kegiatan Baksos ataupun bentuk-bentuk kepedulian sosial lainnya bisa dilakukan oleh DWP Smankar dengan menggandeng beberapa organisasi sosial atau pihak lain dengan sasaran warga masyarakat yang lebih luas, misalnya tingkat Kecamatan Karangbinangun atau Kabupaten Lamongan.

Dari penggalian lapangan menaramadinah.com, salah satu warga penerima Paket Sembako Ramadhan, sebut saja Ibu Wiwin mengatakan terima kasihnya pada DWP Smankar yang peduli dengan para warga di sekitarnya. Menurutnya, bingkisan paket sembako ini dirasa membantu di saat warga sedang memulihkan ekonomi keluarganya pasca pandemi.

“Saya dan warga yang lain mengucapkan terima kasih ibu-ibu guru, khususnya Dharma Wanita Smankar. Semoga bingkisan sembakonya, juga amal kebaikan ini mendapatkan balasan dari Allah, berupa syafaat dan rezeki yang luas dan barokah. Juga Smankar semakin maju dan tahun ajaran depan ini banyak siswanya,” tukasnya.
*DANAR SP*