PAUD 01 MAZRA’ATUL ULUM PACIRAN DINOBATKAN SEBAGAI SEKOLAH DIGITAL

 

Lamongan – menaramadinah.com : Setelah dinobatbatkan sebagai Sekolah Penggerak oleh Kemendikbudristek RI, kini Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 01 Mazra’atul Ulum Paciran, Lamongan kembali menunjukkan kualitasnya dengan dinobatkan sebagai Sekolah Digital oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan.

 

Penobatan itu berdasarkan hasil visitasi Tim Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan yang dipimpin oleh Indra Suharto dan Surati (8/3). Di hadapan tim visitasi, Nur Rohmatul Immah, selaku Kepala PAUD 01 Mazra’atul Ulum Paciran mempresentasikan kegiatan pembelajaran siswa PAUD berbasis digital.

Selanjutnya visitator diajak mengunjungi Laboratorium Komputer PAUD 01 Mazra’atul Ulum Paciran untuk menyaksikan keterampilan siswa-siswi PAUD 01 MU mengoperasikan komputer.

Setelah itu, para visitator ditunjukkan hasil kerajinan tangan ibu-ibu walimurid PAUD 01 Mazra’atul Ulum Paciran berupa media belajar dari bahan kain flannel yang sangat edukatif.

Visitator juga dibuat tertegun dengan keberanian dan kelincahan siswa-siswi PAUD 01 MU memanjat climbing wall (panjat tebing) mini dalam kompleks sekolah itu.

Dalam sesi seremonial visitasi itu, Indra Suharto (Kabid PAUD PNF Diknas Lamongan) menyampaikan sambutannya, “Bahwa kita pasca Pandemi Covid-19 hendaknya bisa mengambil hikmahnya, terutama dalam dunia pendidikan yang kini mengenal Pendidikan dalam jaringan (daring) dan proses digitalisasi Pendidikan yang kini juga merambah pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).”

Sambutan selanjutya disampaikan oleh Surati (Kasi PAUD Diknas Lamongan), pihaknya mengapresiasi implementasi pendidikan berbasis digital yang dijalankan oleh PAUD 01 Mazra’atul Ulum Paciran. Menurutnya, Lembaga yang tidak mengikuti perkembangan teknologi maka lembaga itu lambat-laun akan tergilas oleh zaman.

Surati yang dulu juga pernah mengabdi sebagai guru PAUD itu mewanti-wanti agar nilai kemajuan teknologi dapat dikembangkan (dieksplore) lebih lanjut.

Sementara sisi buruk kemajuan teknologi juga harus diminimalisir. “Seperti tadi saat praktek komputerisasi di Laboratorium Komputer ada seorang siswa yang nyeletuk, Bu mana game-nya?. Hal itu lah, yang harus kita antisipasi agar siswa tidak kecanduan game,” imbuhnya.

Lebih lanjut Surati menyampaikan apresiasi setinggi-tinggi atas dedikasi PTK PAUD yang tetap semangat mendidik dan mengembangkan TK/PAUD meski dengan honorarium yang sangat minim. Acara seremonial visitasi sore itu ditutup oleh KH. Abdul Ghoni (Ketua BP3MNU Mazra’atul Ulum Paciran dan diakhiri foto bersama Tim Visitator dengan civitas PAUD 01 Mazra’atul Ulum Paciran.

Dan besok pada akhir bulan ini (21/3) Sekolah Digital PAUD 01 Mazra’atul Ulum Paciran akan di-launching oleh Bupati Lamongan.

Saat diwawancarai oleh media ini, Nur Rohmatul Immah, selaku Kepala PAUD 01 Mazra’atul Ulum Paciran menyampaikan,

“Alhamdulillah, saya bersyukur sekali, akhirnya hasil tidak mengkhianati usaha. Harapan saya agar PAUD 01 Mazra’atul Ulum Paciran bisa terus berkembang dan bisa mengharumkan Almamater Mazra’atul Ulum Paciran.” (Ried).