LSM BPPI DPW SULSEL Prioritaskan Soliditas SDM Berbasis Kompetensi, Bukan Massa Destreyor dan Arogansi

 

Makassar,menaramadinah.com
LSM BPPI ( Lembaga Swadaya Masyarakat – Barisan Patriot Peduli Indonesia) DPW Sulawesi Selatan prioritaskan Soliditas SDM Berbasis Kompetensi dan Moral Attitute , membatasi pergerakan berbasis massa yang cenderung membuka akses arogansi tanpa kendali.

Demikian disampaikan Samsul Hadi,SH Ketua DPW LSM BPPI Sulsel usai Lulus mengikuti Pendidikan Paralegal Law Firm Kantor Pusat Advokat Konsultan Hukum DR Muhammad Nur, SH MH & Associates, CitraLand 35-36 Makassar ( 16/1/2022).

LSM Atau serasa N-G-O ( Non Goverment Organisation) sebagai lembaga swadaya bentukan masyarakat berdasar Legalitas KemenkumHam RI dilengkapi perangkat SOP , Juknis dan Job Discribtion setiap level Struktur Kepengurusannya, memiliki Tupoksi sebagai lembaga control Social dan social control , edukasi , leterasi , advokasi bidang Eksospol Dik KumHankam, sehingga perannya benar menghadirkan manfaat pemberdayaan bagi anggota khususnya dan masyarakat bangsa umumnya.

Samsul Hadi,SH Menambahkan, begitu penting dan mulia peran LSM dalam kehidupan sosial masyarakat, sehingga posisi LSM harus benar balancing antara peran pemberdayaan dengan peran kontrol koreksi atas kebijakan yang dilakukan komponen bangsa seperti Eksekutif, Legiskatif bahkan Yudikatif.

LSM adalah institusi prestige dan prestisius , teramat mulia bukan sekedar wadah sekumpulan orang orang pengangguran yang ingin mencari penghidupan sosial sehingga membenarkan pola pola destruktif konfrontatif anarkis dan menabrak rambu rambu nilai sosial , agama bahkan hukum. Bukan seperti itu”, tandasnya.

Aktifis Jurnalis mantan Pemred MKTV ini juga menyayangkan masih adanya berita tentang terjadinya bentrok fisik antar ormas atau LSM yang dipicu adanya indikasi rebutan lahan pencarian sumber penghasilan , seperti yang pernah diberitakan banyak media di Jawa belum lama ini. Oknum oknum Ormas yang cenderung menggunakan pola arogansi , anarki dan destruktif tak layak tumbuh di bumi Indonesia , yang berFalsafahkan Pancasila, bersendikan hukum dan konstitusi.

LSM BPPI ( Barisan Patriot Peduli Indonesia) lahir menjawab kebutuhan itu, sehingga dengan tekat membela NKRI dan Pancasila meletakkan prinsip perjuangannya bersifat #nasionalis_religius_spiritualis.

Dalam perkembangannya , sesuai AD/ART dan SOP serta Garis Kebijakan Turunannya, LSM BPPI terdiri dari Pengurus DPP, DPW, DPC dan DPAC . Hingga saat ini Kepengurusan dan Anggota LSM BBPI sudah menyebar di beberapa kota Propinsi dan Kabupaten bahkan Kecamatan dan Desa di tanah air. LSM BPPI Yang didirikan oleh Bapak Haji Nur Abadi ( Ketua Umum ) DPP LSM BPPI,sejak 28 Desember 2019 di Kota Batang Jawa Tengah, telah berkembang pesat hampir di seluruh wilayah seperti Propinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogjakarta, merambah di Sumatera Selatan , Sulawesi Selatan dan daerah lain yang segera terbentuk Kepengurusan Wilayahnya.

Di Sulawesi Selatan telah terbentuk Kepengurusan wilayah , menyusul kepengurusan daerah beberapa kota / kabupaten seperti Makassar, Gowa, Maros, Sinjai dan lainnya. Kami tidak buru buru mengembangkan lembaga sosial nirlaba ini, namun lebih berhati hati jangan sampai disalahgunakan atau disalahfahami oleh sebagian masyarakat sebagai sekedar kumpulan pengangguran yang tak punya vission . Kami selektif merekrut anggota , lebih berorientasi pada kompetensi dan SDM Bervisi , ketimbang sekedar berbasis massa yang cenderung sulit dikendalikan di lapangan.

Pengalaman membuktikan, massa beragam strata pendidikan yang membesar cenderung sulit dikendalikan apalagi ketika berbenturan dengan massa lain yang berkarakter atraktif agresif sama, sehingga dengan dalih mempertahankan lahan hidup misalnya, sampai nekat berbenturan terjadi bentrok fisik yang saling menjatuhkan .

LSM BPPI DPW Propinsi Sulawesi Selatan tidak ingin meniru pola marginal sepert itu, namun memilih pola progres yang lebih elegan, berpendidikan, berperadaban dan beretika. Peran kritis sebagai lembaga Kontrol tetap terjaga, namun prinsip sinergitas Mutualism dikedepankan sebagai kesadaran peran partisipatif dalam memajukan pembangunan daerah. Pendekatan Berbasis Kompetensi dan militansi intelektuality , memainkan peran Edukasi , Advokasi dan literasi. LSM BPPI DPW Sulsel banyak menggandeng Advokat, Paralegal, Akademisi, Jurnalis dan Pengusaha Muda serta Generasi multitalenta yang peduli, terpanggil membela bangsa, memajukan Daerahnya”, tutupnya.
(Esha/menaramadinah.com)