Sosialisasi Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Transportasi Kepada Kepala Sekolah dan Guru Sebagai Upaya Peningkatan Penerimaan Program Vokasi Unesa

Surabaya-menaramadinah.com-Tim PKM Unesa mengadakan Sosialisasi Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Transportasi Kepada Kepala Sekolah dan Guru di wilayah Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Penerimaan Program Vokasi Unesa.

Tim PKM Unesa terdiri dari  Ari Widiyanti, Dadang Supriyatno, Anita Susanti, Fitri R. Widayanti, Endro, Wibisono, Amanda.

Menurut Ari Widiyanti mengatakan, Program Vokasi adalah salah satu program pendidikan yang mendapat perhatian Pemerintah dalam menunjang Pendidikan di Indonesia.

Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Transportasi (TRT) adalah salah satu bagian dari Program Vokasi yang ada di Universitas Negeri Surabaya.

Keunggulan program ini adalah diharapkan semua lulusannya dapat terserap didunia kerja. Keterserapan lulusan di dunia kerja memerlukan kerjasama yang baik untuk menciptakan link and match antara program studi dengan dunia usaha dan industri, salah satunya diwujudkan dalam magang industri.

Pada sisi lain keunggulan program ini belum terlalu dikenal masyarakat terutama kalangan pendidikan. Input, proses dan output yang baik merupakan faktor pendukung keberhasilan program ini.

“Dalam hal ini diperlukan sosialisasi kepada Kepala Sekolah dan guru, sehingga visi, misi, kekhususan dan peluang kerja program ini dapat diinformasikan kepada siswa,”ungkapnya.

Menurut Dadang Supriatna mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas penerimaan mahasiswa, sehingga berdampak pada kualitas lulusan program studi ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, tujuan PKM ini adalah memberikan wawasan secara lebih jelas terkait program vokasi khususnya D4 Teknologi Rekayasa Transportasi di Universitas Negeri Surabaya kepada khalayak sasaran yaitu Kepala Sekolah dan guru di SMA dan SMK di wilayah Surabaya.

Metode sosialisasi yaitu presentasi materi yang dilaksanakan melalui off line (SMA Negeri 18) dan on line (SMK Negeri 3 dan SMA Negeri 22). Bentuk kegiatan PKM meliputi: (1) Tim PKM melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah, (2) Sekolah mitra memberikan data jumlah siswa dan guru, (3) Tim PKM menganalis data, (4) Tim PKM melakukan sosialisasi kepada kepala sekolah dan guru, (5) Tim PKM menyebarkan kuesioner kepada khalayak sasaran, (6) Tim PKM mengevaluasi keefektifan kegiatan sosialisasi dari hasil kuisioner.

Hasil yang dicapai adalah materi sosialisasi dipahami dengan baik sehingga dapat ditindak lanjuti oleh Kepala Sekolah dan guru untuk menyampaikan informasi tentang Program Vokasi D4 Teknologi Rekayasa Transportasi kepada siswa.

Saran yang diberikan adalah kegiatan sosialisasi ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan kegiatan yang menjangkau khalayak sasaran yang lebih banyak lagi yaitu Kepala Sekolah, guru dan siswa ke sekolah yang lain.

Dokumentasi kegiatan dipresentasikan pada gambar berikut ini.

 

Gambar 1. Sosialisasi di SMA Negeri 18 Jambangan Surabaya

 

Gambar 2. Sosialisasi di SMK Negeri 3 Surabaya      

 Gambar 3. Sosialisasi di SMA Negeri 22 Surabaya

 

Husnu Mufid