18 orang hasil seleksi Calon Direksi PDP jember dinyatakan lulus Administrasi.

MENARAMADINAH .COM – JEMBER – Panitia seleksi (Pansel) calon Direksi Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Kabupaten Jember, berhasil menjaring 18 nama. Mereka dinyatakan lulus seleksi administrasi berdasarkan surat keputusan No.02/PANSEL/Direksi-PDP-JBR/VII/2021, tertanggal 22 Juli 2021.

Keputusan hasil seleksi administrasi yang ditanda tangani Ketua Pansel, Prof. Dr. Yuli Witono, S.TP.,MP., itu menyatakan ada 18 nama calon. Mereka nantinya akan menduduki posisi direksi dalam perusahaan milik Pemkab Jember tersebut. Ada 3 posisi yang akan mereka perebutkan, yakni sebagai Direktur Utama, Direktur Umum dan Keuangan, serta Direktur Produksi, Pemasaran, dan Pengembangan.

BACA JUGA: Bupati Cari Sosok Pemimpin PDAM Jember, Melalui Lelang Terbuka Jabatan Direktur

Seperti dijelaskan Bupati Jember, Hendy Siswanto, Pemkab melelang jabatan direksi BUMD, yakni PDP Kahyangan melalui open bidding. Pengumuman lelang terbuka itu, dimulai sejak 12 Juli 2021. Ada puluhan pendaftar yang masuk ke Pansel, namun hanya 18 calon yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

“Perusahaan Daerah Perkebunan selama ini tidak lagi memberi konstribusi terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah). Kami mencari calon direksi yang mampu mengembangkan perusahaan daerah ini, sehingga nantinya bisa memberi pemasukan untuk PAD dan juga mampu mengemban fungsi sosial, yakni penyerapan tenaga kerja yang cukup besar,” ujar Bupati Hendy.

Sementara Ketua Pansel, Prof. Yuli Witono, menjelaskan para pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, mereka akan mengikuti seleksi tahap berikutnya.

“Seleksi lanjutan terhadap para calon yang dinyatakan lulus seleksi administratif, antara lain seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) disamping Psikotes, Ujian Tertulis, Presentasi dan Wawancara,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

Untuk materi UKK, para calon direksi ini harus membuat karya tulis, sesuai ketentuan yang ditetapkan. “Karya tulis ini nantinya akan dipakai panitia seleksi untuk menilai kemampuan manajerial dalam mengambil keputusan bisnis dan kompetensi calon direksi dalam bidang bisnis perkebunan,” lanjutnya.

Adapun isu strategik yang harus diangkat dalam tulisan ilmiah tersebut, menyangkut prospek dan masa depan DPD Kahyangan. Seperti diketahui, perusahaan milik Pemkab Jember ini, terakhir memberi pemasukan PAD tahun 2014.

Sedangkan pada tahun 2015 sampai sekarang, DPD dinyatakan dalam kondisi merugi, kecuali tahun 2019, sempat memberi keuntungan, meski tidak besar. “Ada berbagai persoalan yang harus diselesaikan oleh mereka calon direksi, kelak kalau mereka nanti terpilih,” jelas Yuli Witono.

Beberapa persoalan itu antara lain, harga pokok produksi yang terus meningkat dan menjadi komponen biaya perusahaan. Persoalan lainnya, komoditas yang dihasilkan oleh perusahaan, terpapar oleh volatilitas harga dunia dari komoditas kopi dan karet.

“Akibatnya, harga pokok produksi relatif lebih besar dari harga jual,” lanjutnya.

Persoalan lainnya, menyangkut topografi kebun yang hampir 80 persen tidak flat (datar). Ini tentu menuntut energi lebih untuk pengelolaannya. “Sementara, direksi diberi mandat oleh Pemkab Jember, untuk menjalankan fungsi sosial dan fungsi bisnis. Secara sosial menjadi agen untuk menciptakan lapangan kerja. Dan secara bisnis perusahaan juga dituntut untuk bisa menghasilkan keuntungan,” kata Ketua Pansel.

Karena itu, para direksi yang nanti terpilih harus bekerja secara tim work, dan bekerja ekstra keras. Mengingat, sesuai kontrak kerja yang nanti mereka tanda-tangani, bahwa dalam kurun waktu 2-3 tahun, ketiga direksi ini sudah harus mampu memngembalikan kejayaan perusahaan.

“Artinya mereka sudah harus bisa memberi keuntungan ke kas daerah dan mengemban fungsi sosial, karean perusahaan mampu menyediakan lapangan kerja,” imbuhnya.

Ke-18 orang yang dinyatakan lulus seleksi administrasi tersebut adalah :

1.Ade Rachmad Irawan, SE
2.Cuk Sugiarto, SE., MM.
3.Deddy Kurniawan, SP.,MP.
4.Dhimas Krisdianto Putra, S.Sos
5.Didi Prabowo, SE.
6.Dr. Ir. Erlambang Budi Darmanto, ST.,MM.
7.H. Ahmad Hasan Halim, ST.
8.H. Iswinarso, SE.
9.Leny Puspitasari, SE.
10.Lilik Dyah Iftitah, SE.
11.Mardianto Harahap, SP, MP.
12.Moh. Izmaul Haqqi, S.TP
13.Muhammad Sholeh, SH.
14.Nugraha Akbar, SE.,MM.
15.Rendra Toto Riskiandi, SP.
16.Rois Abdullah Muharram, SP.
17.Capt.Sofyan Sauri, SM.,MM.
(sta)