Pendapat Mas Satrio Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru di Unej

Proses mahasiswa baru di Unej mendapat perhatian dari Mas Satrio dosen Universitas Indonesia. Karena beliau alumni Universitas Negeri Jembet. Seperti apakah pendapatnya. Berikut ini :

“Ternyata program studi di rumpun kesehatan di Kampus Tegalboto masih menjadi favorit di kelompok Saintek dan jika dilihat dari asal provinsi sekolahnya, maka selain masih didominasi sekolah asal Jawa Timur, program studi rumpun kesehatan juga diminati siswa asal Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta,” katanya.

Sementara itu, Program Studi Ilmu Hukum menjadi favorit siswa di kelompok Soshum dengan 2.214 peserta, disusul Program Studi Administrasi Bisnis dengan 1.675 peserta, Program Studi Kesejahteraan Sosial dengan 1.475 peserta, diikuti oleh Program Studi Manajemen dengan 1.449 peserta dan Program Studi Sosiologi yang mendapatkan 1.073 peserta.

“Uniknya peminat di Fakultas Hukum didominasi siswa asal Sumatera Utara di posisi kedua setelah siswa dari Jawa Timur,” katanya.

Ia mengemukakan beberapa program studi baru di Kampus Universitas Jember juga diminati oleh siswa, misalnya saja Program Studi Ilmu Gizi yang ada di Kampus Bondowoso diminati oleh 782 siswa, sedangkan dua program studi baru di Fakultas Teknik, yakni Program Studi Teknik Pertambangan diminati oleh 451 siswa dan Program Studi Teknik Perminyakan diminati oleh 394 peserta.

“Hasil seleksi SBMPTN rencananya akan diumumkan pada 9 Juli 2019. Bagi pesertaSBMPTN 2019¬†yang mungkin belum beruntung bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya atau SBMPTBR yang merupakan ujian mandiri Universitas Jember,” ujarnya.

Husnu Mufid

Koresponden MM.com