Mushollah At Taqwa Yang Tak Terbakar Itu

 

Sekelilingnya rumah rumah warga habis terbakar. Tapi Mushalla At Taqwa Mendahara Tengah Kapung Lama Tanjab Timur Jambi ini alhamdulillah utuh. Subhanallah. Berikut ini dikisahkan Syukron Makmun :

Mushalla ini merupakan tempat ibadah tertua di kampung ini. Berdiri tahun 70an, dan digunakan shalat lima waktu masyarakat sekitar.

Saat kebakaran terjadi, jamaah sedang wirid usai shalat Shubuh. Api sudah melahap ujung atas menara. Orang-orang tak ada yang berani mendekat, karena jarak 30 meter sudah sangat panas. Pasrah. Kalau menara terbakar, tentu langsung menghabiskan mushalla. Begitu logika normalnya.

Tapi Allah punya kuasa. Api yang mulai melahap ujung menara tiba-tiba hilang sendiri. Lalu datang lagi, lalu hilang lagi. Berulang-ulang. Padahal rumah-rumah di sekelilingnya habis. Sekali disenggol api, langsung tuntas.

Masyarakat yang menyaksikan kejadian itu hanya termangu seraya memuji kekuasaan Allah. Tempat ibadah yang bertahun-tahun digunakan untuk ibadah memiliki energi sendiri, terjaga dari marabahaya. Alhamdulillah.

Sekira setahun lalu saya pernah ceramah di mushalla ini. Lalu makan di rumah Pak RT di area depan mushalla. Kini deretan rumah itu habis tak tersisa.

Allah Maha Luar biasa.