Raker Yayasan Lembaga Pendidikan Amanatul Ummah Surabaya dan Mojokerto

 

Mojokerto-menara madinah.com-Hari ini, Minggu tanggal 7 Juli 2019, pukul 11.00 seluruh civitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan Yayasan Lembaga Pendidikan Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet, Mojokerto berbondong bondong check in untuk mengikuti kegiatan Rapat Kerja (Raker) tahunan yang berlokasi di Ballroom, Kampus Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

Raker kali ini mengambil tema khas milik Amanatul Ummah, ” SATU TEKAD UNTUK HEBAT”. Jelas tema ini hadir karena dilatar belakangi satu kesepakatan masing masing elemen untuk menjadi hebat, kami harus bersama sama. Penyematan kata hebat bukan milik unit per unit di lembaga kami. Hebat itu harus dirasakan bersama oleh semuanya sebab hebat adalah memberikan layanan maksimal kepada anak didik kami sebagaimana Sir Luther King pernah katakan ” Everybody can be great, because everyone can serve”. Karena itu, di Lembaga Pendidikan Amanatul Ummah meyakini bahwa pelayanan adalah kunci utama sebuah Lembaga yang bisa dikatakan hebat. Dan disitulah kekuatan terbesar Amanatul Ummah yang selalu didengung dengungkan oleh father foundingnya Amanatul Ummah, beliau Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA. kepada para pendidik dan tenaga kependidikan di Yayasan ini.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA, menyampaikan bahwa raker ini diselenggarakan dalam rangka membekali segenap stakeholders Amanatul Ummah memiliki kesigapan dalam mempersiapkan segala sesuatunya guna memberikan pelayanan yang optimal untuk bertekad merealisaskan VISI, MISI AU yakni, Mewujudkan Masyarakat yang unggul, utuh, berakhlaqur Karimah untuk izzul Islam walmuslimin serta untuk keberhasilan CITA CITA Kemerdekaan, sesegera mungkin.

Terkait dengan pemberian pelayanan yang optimal ini, beliau terus mengawal slogan yang disepakati sejak awal dulu untuk selalu “KETAT dalam pelaksanaan dan bertanggung jawab atas KEBERHASILAN”. Sederhananya bilang, Jangan sampai ada santri dari AU yang hanya berhenti sampai pada cita citanya saja. Dampingi, arahkan dan bantu menuju harapan dan cita citanya agar tercapai.

Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan bahwa “The goals of AU graduates adalah salah satu dari;
1. Menjadi Ulama Besar yg akan menerangi Indonesia dan Dunia, yakni dengan memperbanyak kesempatan alumni AU yang bersekolah di luar negri, utamanya Negara Negara Timur Tengah. Agar kembalinya ke Indonesia menjadi referensi keilmuan yang memadai tentang khazanah pengetahuan Islam.
2. Menjadi pemimpin dunia, tidak boleh ada kata putus asa untuk selalu maju mengedepankan keilmuan keilmuan sesuai bidang bakatnya. Kemudian mengembangkannya lewat kesempatan meraih beasiswa beasiswa ke Eropa dan belahan dunia lainnya.
3. Untuk menjadi konglomerat besar, karena memiliki pondasi keilmuan yang kuat, kreatifitas yang bernilai tinggi. Muncullah, alumni alumni yang berpenghasilan tinggi, kaya namun untuk kebangkitan Islam dan kokohnya perekonomian Indonesia. Jangan sampai ekonom ekonom Indonesia bukan orang pribumi. Apalagi keturunan Cina dan Asing, Na’udzubillah.
4. Untuk menjsdi profesional yg berkualitas dan bertanggung jawab. Profesional dalam bidang minat dan bakatnya. Agar hidupnya sejahtera dan tidak merepotkan orang lain.

Dalam akhir sambutannya beliau mengajak mari bersama sama kita wujudkan VISI, MISI besar ini yg kemudian AU akan di kenal dunia.
Bagaimana kita bisa menembus dunia? Ada artikel ditulis berjudul “jungle small town” oleh Lia, alumni AU asal Banyuwangi.

Strategi ke depan utk mewujudkan AU Hebat adalah membiasakan di sekolah formal try out akbar sejak minggu ke 3 bulan Juli 2019 baik di Surabaya maupun di Pacet Mojokerto. Setelah pelaksanaan try out, dilakukan pembahasan tuntas dengan catatan, Jangan pernah guru berhenti menjelaskan sebelum siswa siswinya paham. Selain itu, AU akan sesering mungkin menghadirkan tokoh tokoh Nasional dan Dunia, seperti Presiden, Menteri Kabinet, Rektor ITB, Syekh Nabil rektor Al Azhar University untuk sarana sowan para santri AU agar terdorong motivasi dan memompa spirit para santri untuk menauladani beliau beliau dalam kiatnya membangun cita cita kelas pemimpin dunia.

Raker tahunan ini diikuti kurang lebih 600 peserta baik dari unsur unit Sekolah/Madrasah maupun Perguruan Tingginya. Gabungan dari lembaga lembaga dibawah pengelolaan Yayasan Amanatul Ummah meliputi;
1. MTs. Unggulan Surabaya
2. MTs. Program Layanan Khusus (CI) Surabaya
3. MTs. Program Excellent Surabaya
4. MA Unggulan Surabaya
5. MA Program Layanan Khusus (CI) Surabaya
6. MA program MBI Surabaya.
7. SMP Unggulan Program FDS Surabaya.
8. SMA Unggulan Program FDS Surabaya.
9. SMP Berbasis Pesantren (BP) Pacet, Mojokerto.
10. SMA Berbasis Pesantren (BP) Pacet, Mojokerto.
11. MTs. Program Layanan Khusus (CI) Pacet, Mojokerto.
12. MTs Program Excellent Pacet, Mojokerto.
13. MA. Program Layanan Khusus (CI) Pacet, Mojokerto.
14. MA. Program Excellent Pacet, Mojokerto.
15. MA. Program MBI Pacet, Mojokerto
16. MA. Hikmatul Amanah Pacet, Mojokerto.
17. Sekolah Amanatul Qur’an Pacet, Mojokerto.
18. Mu’adalah Surabaya dan Pacet, Mojokerto.
19. Perguruan Tinggi,
Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Pacet, Mojokerto.

Subhanallah, begitu variasinya pilihan pilihan yang ditawarkan oleh Yayasan Pendidikan Amanatul Ummah.

Selamat Raker, selamat menyambut tahun pelajaran baru 2019/2020 dengan pelayanan terhebat, untuk AU hebat, untuk Indonesia hebat, AU untuk Dunia.

(Nurul Hidayah, Mahasiswa saya di Pascasarjana IKHACH, prodi S2 MPI. spesial thanks.Telah memberikan bantuan informasi tambahan)

Hilmi Saputra

Jurnalis Nitizen MM.com