Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk Gelar Seminar ” Sejarah Ngandjoek Di Era PraSejarah Sampai Masa Hindu Budha”

Nganjuk.MenaraMadinah.Com, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk menggelar seminar dengan tema “Sejarah Ngandjoek Di Era PraSejarah Sampai Masa Hindu Budha pada Kamis 20 Mei 2021 bertempat di Ruang Anjuk Ladang Pemerintah Kabupaten Nganjuk.

 

Seminar yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional tersebut dibuka oleh Plt.Bupati Nganjuk Dr. Drs .H.Marhaen Djumadi,S.E,S.H,M.M, M.BA.

Dalam sambutannya,Plt.Bupati Nganjuk yang populer dengan panggilan Kang Marhaen ini berpesan untuk para peserta seminar agar bisa mengambil sisi positif dari peristiwa Sejarah di masa lampau agar bisa menjadi lebih baik di masa sekarang dan di waktu yang akan datang.

“Kita harus mengambil sisi positif dari peristiwa Sejarah dan mengambil spirit dari Anjuk Ladang yang berarti Tanah Kemenangan . Jadi, kita warga Nganjuk harus bermental juara, tangguh, tidak gampang mengeluh dan bisa bekerja di mana saja dengan penuh semangat,”tuturnya .

Hadir sebagai para pembicara dalam seminar sehari tersebut antara lain Amin Fuadi ,S.E ,M.M dari Kasi Sejarah, Tradisi Seni, Museum, dan Kepurbakalaan Disparporabud Nganjuk yang menyajikan materi “Jejak Prasejarah Di Nganjuk”, Sejarawan Rudi Handoko,S.S dari SMAK Santo Agustinus Nganjuk dengan materi “Penetapan Hari Jadi Nganjuk” ,dan peneliti Sejarah Sukadi ,S.Pd ,M.MPd dengan makalah berjudul ” Peradaban Mataram Kuno Di Nganjuk”.

Para peserta seminar yang terdiri dari sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Nganjuk ,guru- guru Sejarah SMA, SMK, dan MA, para pelajar, perwakilan dari MGMP Sejarah, Komunitas Babad Anjuk Ladang, Komunitas Pecinta Sejarah Nganjuk ( Kota Sejuk), Komunitas Pemerhati Sejarah Nganjuk ( KPSN) menyimak dengan antusias uraian menarik dari para narasumber yang kompeten dalam bidangnya dari awal hingga akhir penyampaian materi seminar, termasuk dalam sesi tanya jawab.

Beberapa peserta seminar menyampaikan pertanyaan pada narasumber seperti Lintang Candra dari Komunitas Babad Anjuk Ladang dan Azis, seorang Guru Sejarah.

Menurut Putu Winasa selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk , seminar ini adalah salah satu tahapan dari rencana penulisan buku “Sejarah Ngandjoek Di Era Prasejarah Sampai Hindu Budha.

Di samping itu, hasil seminar juga dimaksudkan untuk melengkapi buku tentang Sejarah Nganjuk yang pernah ditulis sebelumnya supaya lebih sempurna dari segi kontennya.@Bro-J