Kasatlantas Polres Jember Ingatkan Peran Serta Keluarga Berpengaruh Pada Keselamatan Lalin

Jember – menaramadinah.com-Bertempat di Kantor Satlantas Polres Jember, Jl. Letjen Panjaitan No.46, Lingkungan Kebonsari, Kec. Sumbersari Jember, Kasat Lantas Polres Jember AKP. Jimmy H Manurung menjelaskan peranan fungsi dan tugas pokok Satlantas Jember perihal pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas dan peranan baik orang tua diruang lingkup keluarga, Senin (22/03/2021).

”Kita mengedepankan keselamatan dan keamanan berlalu lintas, dimasa pandemi covid-19 sesuai prosedur, ya kita sampaikan kepada masyarakat, apa yang menjadi hal baik bukan cuma saya yang harus berfikir mengenai fungsi pengawasan, sebenarnya masyarakat juga bisa berkolaborasi agar situasi lalu lintas yang ada di Jember bisa baik.”beber Jimmy.

Mengenai adanya balap liar yang kerap sering terjadi di wilayah kabupaten Jember, Kasatlantas Jember juga berpendapat ada beberapa faktor yang harus menjadi perhatian diantaranya bentuk perhatian dari orang tua, bagaimana orang tua bisa memberikan edukasi dan bukan hanya bentuk perhatian dari jumlah uang yang mereka berikan kepada anak.

“Mengenai balap liar kita jangan melihat hanya dari satu sisi saja dan ini bukan hanya tanggung jawab dari Satlantas Jember, ada faktor lain yang harus bisa mengedukasi mereka agar tidak melakukan hal hal yang diyakini akan berdampak terhadap keselamatan mereka tatkala mereka melakukan hal lain seperti balap liar,” tambahnya.

Lebih lanjut Kasatlantas Jember mengungkapkan, “Pengakuan adalah faktor utama kebutuhan manusia, banyak kemungkinan mereka melakukan aksinya, karena mereka merasa nyaman dan diakui berada di lingkungan tersebut dan akhirnya melakukan aksi balap liar. Hal terbaik yang harus sering dilakukan adalah dengan memberikan edukasi dan bentuk pemahaman serta pengakuan terhadap tindakan yang lebih baik, yaitu dengan adanya komunikasi antara orang tua dan anak,” pungkas Kasat Lantas. (IP Red/TDan-Humas Polres Jember)

(Slamet)