Mencampur Adukkan Hukum Allah dengan Hukum Manusia

Oleh : Dr. Anwar Rachman.

Saya mendengarkan narasi para pengikut ISIS kok geli, mereka menyatakan bahwa kenapa mereka memusuhi kelompok Islam lain dan juga agama lain ? Alasannya karena kelompok Islam diluar kelompoknya (ISIS, JAD dll) itu mencampur adukkan hukum Alloh dengan hukum manusia.

Ya.. Ikhwan…, kalau kita memakai hukum Alloh saja yg ada dlm Al Qur’an, hidup di dunia ini tidak bisa berjalan dg baik dan harmonis, karena hukum Alloh yang ada dlm Al Qur’an memuat kaidah2 dasar saja, tidak mengatur hal-hal yang sifatnya teknis. Sebagai contoh: perintah sholat memang ada dlm Al Qur’an, namun bagaimana teknis menjalankan sholat , tdk diatur dlm Al Qur’an, begitu juga teknis wudhu, teknis bersuci dll.

Begitu juga hukum buatan manusia, di negara kita UU yang paling tinggi kedudukannya adalah UUD 1945, dalam UUD 45 tidak ada larangan korupsi , mencuri , memperkosa, menipu dll. Larangan2 tsb diatur dalam UU dibawahnya yakni dalam KUHP, UU Tipikor, dll. dan aturan teknis pelaksaannya diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) , begitu seterusnya sampai Perda Kabupaten/Kota.

Kalau kita tidak mau hukum buatan manusia, dan hanya mau tunduk maka hukum buatan Tuhan, silahkan, tapi anda tidak akan selamat hidup didunia. Coba saja anda naik sepeda motor di melawan arus lalu lintas , kan tidak dilarang oleh hukum Tuhan, lalu anda berhenti di lintasan kereta api dan parkir kendaraan anda ditengah-tengah rel Kereta Api, lalu anda sholat ditengah rel KA, tidak ada satupun perbuatan anda yang melanggar hukum Alloh, semua pelanggaran anda tersebut adalah pelanggaran terhadap hukum manusia, cuma anda langsung dijemput Malaikat.