Rian D’Masiv Dan Beberapa Artis Mendukung gerakan #Lestarikan Keraton

SOLO – Vokalis grup band D’Masiv, Rian Ekk Pradipta (34) yang akrab disapa Rian D’Masiv, meresmikan Sekretariat Relawan ”#Lestarikan Keraton” yang bertempat di kantor Gusti Moeng, kompleks Kamandungan Keraton Surakarta, Baluwarti. Pemasangan spanduk papan nama sekretariat, menandai terlembaganya aktivitas relawan untuk mendukung langkah penyelamatan keraton dari kehancuran yang sudah dideklarasikan Gusti Moeng beberapa waktu lalu.

Sebelum memasang spanduk di teras kantor sekretariat, dilakukan upacara kecil yang berlangsung di topengan Kori Kamandungan, yang ditandai dengan penyerahan spanduk papan nama dari Gusti Moeng kepada Rian D’Masiv selaku Ketua Sekretariat Relawan. Dalam kesempatan itu, Rian menyampaikan sambutan yang berisi ajakan kepada publik secara luas, termasuk kalangan artis di Jakarta khususnya, untuk bersimpati mendukung gerakan #Lestarikan Keraton.

Rian D’Masiv selaku Ketua Relawan #Lestarikan Keraton, mengajak publik secara luas bergabung dalam rangka penyelamatan keraton yang dimulai dari Keraton Surakarta. Pidatonya disampaikan dalam upacara peresmian di topengan kompleks Kamandungan.
”Saya tidak tahu, mengapa saya dipertemukan di sini? Yang jelas ini bukan tiba-tiba, tetapi pasti ada yang menuntun saya untuk sampai ke sini. Saya sudah lima hari di Solo untuk menjadi relawan, membantu Gusti Moeng dan KPH Edy Wirabhumi yang sedang sibuk bersih-bersih untuk memperbaiki kerusakan, dalam rangka menyelamatkan keraton.

”Sekarang saya menjadi bagian dari semua orang yang mencintai dan peduli keraton. Sekarang saya adalah saudara dan bagian yang tak terpisahkan dari anda. Saya sungguh merinding mengalami ini semua. Pertama kali saat kami diterima dan berbicara di sini, juga merasakan yang sama. Yang jelas, saya akan ada di sini bersama para relawan sampai selesai, September nanti,” ujar Rian, saat saat yang disambut tepuk tangan sorak-orai para warga generasi muda Pakasa dari berbagai daerah, pada upacara kecil di Topengan Kori Kamandungan.

Sambutan berikut, disampaikan Gusti Moeng selaku penaggungjawab kerjabhakti #Lestarikan Keraton. Selaku Ketua LDA dan atas nama masyarakat adat Keraton Mataram Surakarta, dia menyampaikan terimakasih atas kesediaan Rian menjadi relawan dan inisiasinya mendirikan kelompok relawan #Lestarikan Keraton serta bersedia menjadi ketuanya.

”Mudah-mudahan, mas Rian selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu dibuka pintu rezekinya. Mudah-mudahan niat baik kita semua selalu mandapat izin dan lindungan Allh SWT. Mudah-mudahan, langkah awal #Lestarikan Keraton yang dimulai dari Solo ini, meluas ke seluruh Nusantara dan ada kepedulian publik secara luas untuk melestarikan keraton-keraton di Nusantara. Karena pada hakikatnya, melestarikan keraton se Nusantara, adalah menjaga kebhinekaan yang berarti menjaga dan melindungi keutuhan Nusantara atau NKRI itu sendiri,” ujar Gusti Moeng. (Isn)