Makanlah Yang Kau Tanam, Tanamlah Yang Kau Makan

Makanlah yang Kau Tanam, Tanamlah yang Kau Makan!

Ya. Semboyan ketahanan pangan itu ‘Makanlah yang kau tanam, tanamlah yang kau makan.’ Maksudnya jelas. Kita bisa memenuhi kebutuhan pangan dengan menanam sendiri.

Menanam Bunga Telang (Clitoria ternatea) di halaman rumah ini juga saya lakukan karena saya pengin ‘memakannya.’ Menanam untuk bisa memanen dan memakannya 😁👌🌿

Menanam Bunga Telang sangat mudah. Dari satu tanaman telang, saya kini punya puluhan.

Bibitnya tumbuh dari biji. Bunga yang tidak kita petik akan menua menjadi biji. Nah, biji yang kering itulah yang kita tanam.

Alhamdulillah, kini panenan bunga telang tidak hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan membuat minuman sendiri. Tapi sudah kita pakai untuk memasok rumah makan yang menyediakan menu bunga telang.

Eh, banyak lho manfaat Bunga Telang. Dari laman hellosehat.com bunga telang bisa dibuat beragam minuman. Mulai dari Teh Bunga Telang, Teh Bunga Telang dan Sereh wangi, dan limun bunga telang. Di rumah makan divariasi telang jahe, telang susu dan sebagainya.

Selain bunganya, daun muda bunga telang bisa dimasak sayur bening atau untuk pecel.

Dan kita pun bisa mendapatkan manfaatnya. Di antaranya untuk meningkatkan daya tahan atau sistem kekebalan tubuh. Meringankan batuk asma, membuang racun tubuh, meringankan stres /depresi, antiinflamasi dan sebagainya.

Hmmm… nikmat mana lagi yang kau dustakan 👌😁🌿

Tak punya lahan di rumah? Tak usah risau. Kita harus #MulaiBerubahDariRumah

Kita bisa menanam bunga telang dengan pot atau polibag. Tak butuh lahan tanah pekarangan atau kebun. Semuanya ada solusi kalau kita BERANI berubah. #DariBibitJadiHabit

Ayooo yang berani berubah ikut ini @icikindo @yoko_o29 @j0shcr

Erwan Widyarto