Maling Tak Pakai Kopyah Curi Uang Kotak Amal Masjid At Taqwa Jemurwonosari Wonocolo Surabaya Siang Bolong

Surabaya-menaramadinah.com-Maling kembali muncul di wilayah Kelurahan Jemurwonosari Wonocolo Surabaya. Kamis, 24 September 2020  puku .13.30 wib kemarin.

Pencuri tidak mengenakan sarung dan kopyah mencuri  uang kotak amal tersebut melakukan pada saat kondisi dan situasi masjid dalam keadaan kosong.  Tidak ada orang yang melakukan aktivitas di dalam masjid. Meskipun demikian, maling tampak grogi keluar masuk  pintu masjid guna mengetahui situasi dan menghindari sorot  CCTV.

0

Ada 2 kotak amal yang akan doambil. Kotak warna hijau dan kotak kaca. Tapi setelah duduk bersila dan kemudian berdiri diputuskan satu yang diambil yaitu kotak kaca sebelah utara. Dalam waktu singkat uang diambil dan  diambil dibalik bajunya. Langsung  kabur dengan langkah tidak mencurigakan. Tanpa mengembalikan kotak amal ditempat asalnya.

” Seandainya masih ingin mengambil kotak  warna hijau akan dipastikan ketangkap. Karena ada jamaah yang mau masuk  masjidjid,”ujar Sumardi salah seorang pengurus masjid Jumat  di masjid  At  Taqwa Jemurwonosari

Pencurian kotak amal di Masjid At Taqwa Jemurwonosari ini sebenarnya sudah  sering.  Hanya kali ini saja tertangkap CCTV. Hingga saat ini  pencurinya belum ketangkap.

Menanggapi  aksi pencurian tersebut, ustad Yahya Aziz selaku pengurus bidang dakwah masjid  at Taqwa mengatakan, pencurian  uang  kotak    amal merupakan musibah. Oleh karena itu, perlu adanya pengamanan secara progresif.

Mendengan adanya pencurian kotak amal tersebut, Pak Suud mantan pengurus makam mengatakan, bukan hanya  dinasjid saja uang kotsk amal dicuri. Tapi kotak berisi uang di makam juga sering dicuri orang.

Sedangkan Wakil RW 09 Muhammad Fauzi menyatakan, motor dibingkil yang tidak jauh dari masjid juga akan dicuri. Untung ketahuan. Karena motor dirante. Sehingga pencuri kesulitan mengambilnya.

“Kemarin malam anak buah juga mergoki orang mau curi motor yg ada di bengkel…tetapi karena semua motor dirantai…keburu kepergok …lari arah jalan raya (gapura gg lebar)…mohon waspada,” ujar Moh Fauzi bis bengkel yang tidak jauh dari masjid At Taqwa.

Sedangkan Ali Bari  yang pernah menemukan  motor pencuri uang Alfa Maret tidak jauh dari majid mengatakan,  lagi marak pencurian. Kemaren gerobak sampah dengan muatan masih utuh di raya jemur ( tunggu antrian bongkar ) ternyata bersih sak gerobake.

Husnu Mufid

Jurnalis Citizen