Nama Keraton Kerajaan Asli di Nusantara 9 Nama Keraton masing-masing

KERAJAAN- KERAJAAN ASLI DI TANAH JAWA MEMILIKI NAMA KERATON YANG BERBEDA. Seperti apakah.  berikut ini laporan   H. Jaya Suwirja jurnalis  citizen menaramadinah,com.


Menurut sejarah bahwa Kerajaan- Kerajaan asli yang dibangun oleh para leluhur kita hususnya yang berada di tanah Jawa, memang pada umumnya memiliki nama Keraton (nama Istana) yang berbeda dengan nama Kerajaannya, contohnya Kerajaan- Kerajaan yang berada di Tanah Jawa Bagian Barat seperti; ada Kerajaan Banten nama Keratonnya disebut Surosowan, kemudian ada Kerajaan Galuh nama Keratonnya disebut Pakwan, kemudian ada Kerajaan Padjadjaran nama Keratonnya disebut Sribima, kemudian ada Kerajaan Caruban Nagari (Cirebon) nama Keratonnya disebut Pakungwati.
Kemudian ada Kerajaan besar yang berada di Tanah jawa bagian tengah yaitu ada Kerajaan Mataram nama Keratonnya “Belum diketahui”, karena belum ada keturunan Mataram yang mau mengungkap kembali peradabannya.
Dan ada juga Kerajaan besar yang berada di Tanah Jawa bagian timur yaitu ada Kerajaan Majapahit nama Keratonnya disebut Trowulan dan mungkin juga masih banyak lagi Kerajaan- Kerajaan lainnya yang memiliki nama Keraton yang berbeda yang masih belum terungkap.
Untuk itu mari kita berjuang bersama- sama untuk menggali kembali sejarah dan peradaban Kerajaan- Kerajaan warisan para leluhur kita yang asli, agar generasi penerus kita jangan mau dibodohi oleh sejarah- sejarah hasil rekayasa sejak zaman Kolonial Bebanda dan kita sebagai generasi penerus bangsa Jangan Sekali- kali melupakan sejarah dan peradaban para leluhur kita “JAS-MERAH”, terimakasih selamat berjuang dan Salam… satu nagari MERDEKA…!!!