Metode Pembelajaran di RA Darunnajah Sidoarjo

Oleh : Yahya Aziz.


Setelah beberapa hari yang lalu para wali murid datang ke sekolah untuk berkenalan dengan guru guru dan calon calon guru, para mahasiswi PLP 2 program studi PAUD FTK UINSA, maka program selanjutnya adalah HOME VISIT kunjungan ke rumah murid muridnya untuk belajar pendampingan bersama dengan anak anak RA.
Selama masa pandemi CAVID 19 CORONA ini methode pembelajaran di RA Darunnajah keloposepuluh Sidoarjo adalah kunjungan ke rumah murid, pendampingan bersama dan daring, begitu kata kepala madrasah Ustadzah Dra. Amrini Rosyidah.
Dalam pengelolaan lingkungan belajar mengajar ini mahasiswi PLP 2 program studi PAUD FTK UINSA ini dibagi 2 kelompok. Kelompok pertama bertugas piket di sekolah dan kelompok yang melakukan kunjungan ke rumah murid muridnya didampingi oleh guru guru pamong. Ini dilakukan secara bertahap dan bergantian.
Yang piket di sekolah adalah Yunita Anggereni, Sony oppy Andaresta dan Vivi Andriani. Sedangkan untuk yang home visit adalah : Mira Fata Reginata, mutiara ramadhan, Ismawati, Diajeng Ristinia Melynda dan Annisa Fitri Anggraini.
Yang piket di sekolah mendapat pembelajaran tentang administrasi sekolah, sedangkan yang home visit mendapat pengalaman belajar mengajar luar biasa.
Diantara pengalaman mengajar dengan metode VISIT HOME adalah :
1. Lebih mengenal karakteristik setiap anak
2. Lebih akrab dengan para wali murid, sehingga terjadi dialog interaktif kekeluargaan dalam mendidik anak-anak.
3. Menambah nilai nilai ruh silaturahmi dalam mengaplikasikan ajaran Islam.
4. Mengetahui karakter yang dimiliki oleh setiap anak
5. Mengetahui perkembangan bahasa anak.
6. Mengetahui karakter pribadi para wali murid
7. Melatih mental dan kesabaran seorang guru dalam menghadapi anak dan orang tua nya.
Disamping methode pembelajaran VISIT HOME kunjungan ke rumah, para mahasiswi PLP 2 ini juga mengajari belajar secara DARING dibawah bimbingan guru guru pamong dari R A Darunnajah keloposepuluh Sidoarjo.
Selamat berjuang belajar mengajar para mahasiswi PLP 2 program studi PAUD FTK UINSA dan selamat bagi para guru guru pamong yang ikut membimbing…. Semoga dari murid-murid R A Darunnajah keloposepuluh Sidoarjo akan lahir generasi pemimpin bangsa dan Agama….. alfaatihah….
Y A, Pembimbing PLP 2, penulis menara Madinah com