3 Tokoh Trah Kerajaan Tawang Alun Pendiri Universitas Jember

Berdirinya Universitas Jember tidak serta merta begitu saja. Tapi atas inisiatif 3 tokoh trah kerajaan Tawang Alun yang pernah berdiri di Banyuwangi dan Jember. Berikut ini laporan Singgih Sutoyo.

Cikal bakal Universitas Jember berasal dari gagasan tiga tokoh, dr. R. Achmad bersama-sama dengan R. Th. Soengedi dan gaR. M. Soerachman yang bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di Jember. Mereka merupakan keturunan dari kerajaan Tawwng Alun yang pernah berkuasa di Banyuwangi dan Jemberl

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut pada tanggal 1 April 1957, ketiganya membentuk panitia yang diberi nama Panitia Triumviraat dengan komposisi Ketua dr. R. Achmad; Penulis R. Th. Soengedi, dan Bendahara R. M. Soerachman. Kini ketiga tokoh perintis dibuatkan monumen Triuviraat di pintu masuk Universitas Jember.
Selanjutnya Panitia Triumviraat ini pada tanggal 5 Oktober 1957 membentuk yayasan dengan nama Yayasan Universitas Tawang Alun (disahkan dengan Akta Notaris tanggal 8 Maret 1958 Nomor 13 di Jember).

Yayasan Universitas Tawang Alun inilah yang kemudian mendirikan universitas swasta di Jember dengan nama Universitas Tawang Alun yang kemudian disingkat Unita. Dalam perjalanannya, ketiga tokoh tersebut mendapatkan dukungan penuh Bupati Jembersaat itu, R. Soedjarwo. Pada tahun 1959, R. Soedjarwo diangkat sebagai Ketua Yayasan Unita. Jember.

Untuk membesarkan Unita, R. Soedjarwo kemudian membantu mendirikan gedung kampus Unita yang ada di jalan PB Sudirman.

Unita diintegrasikan dengan Universitas Brawidjaya Malang menjadi Universitas Brawidjaya Jember berdasarkan SK Menteri PTIP No1, tertanggal 5 Januari 1963.

R. Soedjarwo dengan dibantu pihak-pihak terkait, memperjuangkam terbitnya SK Menteri PTIP No 153 tahun 1964 tertanggal 9 November 1964 tentang Unita menjadi Universitas Negeri Jember.

Singgih Sutoyo

Jurnalis Citizen