PANCASILA PUSAKA PERDAMAIAN DUNIA

Jika kita sepakat, dan negara juga sudah menentukan bahwa tanggal 01 Juni 1945 adalah Hari Lahirnya Pancasila. Ini kan berarti sebelum tanggal 01 Juni 1945 belum ada Pancasila? ini alasan yang pertama.

Alasan kedua, Bung Karno pernah berkata dia hanya penggali Pancasila bukan pencipta Pancasila. Artinya nilai-nilai Pancasila sudah ada didalam kehidupan rakyat (bangsa Indonesia) kemudian sengaja diambil oleh Soekarno dirumuskan jadi Dasar Negara.

Alasan ketiga, Pancasila itu apa? Apakah Pancasila itu gotong royong, Apakah Pancasila toleransi, Apakah Pancasila budi pekerti?

Jawaban paling tepat berdasarkan dokumen negera (UUD 1945). Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia.

Oleh karena Pancasila adalah Dasar Negara maka untuk siapakah itu? benarkan Pancasila untuk negara atau untuk rakyat?
Ataukah Pancasila itu untuk para pelaksana negara?

Sebaiknya kita bertanya kepada Soekarno sebagai penggali Pancasila.

Menurut Soekarno sederhananya negara itu tak ubahnya partai politik atau organisasi kekuasaan.

Jika didalam partai politik itu ada yang namanya pengurus atau Dewan Pimpinan. Maka didalam negara itu juga ada yang namanya pejabat atau pelaksana negara.

Jika didalam partai politik itu ada yang namanya AD/ART Maka didalam negara itu juga ada yang namanya UUD atau dasarnya organisasi negara.

Kita sama maklum untuk apakah AD/ART dibuat, tentu jawabannya untuk dilaksanakan oleh para pengurus partai. Jika tidak maka sia-sialah tidak ada manfaatnya dia dibuat.

Bagaimana dengan Pancasila? sama. Pancasila ‘dibuat’ untuk dilaksanakan dalam menjalankan roda pemerintahan. Lalu siapakah yang bisa melaksanakan roda pemerintahan? rakyat apa pejabat?

Jangankan Pancasila, semua undang-undang di dunia ini, bahkan undang-undang dari Tuhan sekalipun. Misalnya kitab suci Alqur’an, kitab Injil, kitab Tripitaka, Kitab Weda dan semua kitab serta undang-undang di seluruh dunia ini tidak ada yang mempunyai tangan dan kaki.

Artinya semua kitab dan undang-undang itu tidak ada yang bisa berjalan sendiri. Manusialah yang harus menjalankan.

Jika Pancasila Dasar Negara ini sudah betul-betul dilaksanakan oleh para pelaksana negara. Kami yakin bukan hanya Indonesia yang damai tapi juga dunia, sebab Indonesia salah satu pusat perebutan dunia.

Ikuti Doa Bersama, Selamatan dan Diskusi 01 Juni Hari Pancasila. Besok malam di Ndalem Pojok Situs Persada Soekarno. Minggu malam Senin 31 Mei 2020 Pukul 19.30 – 21.00 Wib.

Di siarkan secara live Streaming di Channel Youtube Viper Kediri, Focebook Ndalem Pojok dan IG Situs Bung Karno Ndalem Pojok.

Kita doakan semoga semua para pelaksana negara sehat dan selamat, bisa betul-betul mengamalkan Pancasila. Indonesia adil makmur damai sejahtera.

Mohon doa restu semoga Alloh, Tuhan Yang Maha Esa Melimpahkan Berkat Rahmatnya. Amin.🙏🏻🇮🇩