Berkenala Di Negeri Ngatas Angin,Kunjungi Candi Ngetos dan Maqbaroh Syekh Malik Al-Atos/Ki Ageng Cek Cek Molek

Nganjuk.menaramadinah.com,Desa Ngetos,Kecamatan Ngetos adalah sebuah wilayah subur di lereng Gunung Wilis,sekitar 15 km dari pusat Kota Nganjuk ke arah selatan,memiliki potensi wisata alam,budaya,sejarah ,dan religi yang menarik untuk dikunjungi dan dipelajari .Diantara objek wisata sejarah dan religi di Ngetos adalah Candi Ngetos dan Maqbaroh Syekh Malik Al-Atos .Kamis pagi,28 Mei 2020 Bro J melakukan liputan di Bulan Syawal ,dengan tujuan mendapatkan informasi-informasi atau catatan penting tentang Candi Ngetos dan Maqbaroh Syekh Malik Al-Atos.Sebelum ke lokasi candi dan makam,Bro J bersilaturahmi dahulu di rumah juru pelihara candi dan makam kuno yaitu Mas Aris Trio Effendhi yang selama ini eksis menjadi narasumber Nganjuk TV.Rumahnya tidak jauh dari candi dan kompleks makam kuno.


Bagaimana history atau sejarah dari Candi Ngetos dan Makam seorang tokoh besar penyebar Islam Syekh Malik Al-Atos? Silahkan simak dibawah ini !
1.Candi Ngetos
Candi Ngetos berdiri pada abad ke-15 dalam masa Kerajaan Majapahit,dibangun atas perintah Prabu Hayam Wuruk.Bangunan itu bercorak Hindhu,sebagai pendharmaan pada Raja Hayam Wuruk.Dahulu sebenarnya ada dua candi di lokasi itu ,namun candi satu yang lainnya telah hancur.Candi Ngetos yang ada sekarang masih berdiri kokoh ,meskipun beberapa bagiannya telah aus.Ada suatu bagian di candi yang disebut kala ,berguna untuk tolak bala’ .Awalnya berjumlah 4,kini tersisa 1 menghadap ke arah selatan,berwujud kepala menyeramkan.


Bila ingin masuk candi,pengunjung tidak dikenakan tiket alias gratis.Biasanya,para pengunjung candi adalah pelajar,mahasiswa ,dan orang-orang yang suka dengan hal-hal berbau sejarah dan budaya,termasuk budayawan,peneliti sejarah dan sebagainya.
Pengunjung candi sebaiknya menghubungi juru rawat/juru pelihara candi terlebih dahulu bila ingin mendapat penjelasan dan informasi akurat tentang candi.Tempat tinggal juru rawatnya yaitu Mas Aris berada di sebelah selatan candi,dibelakang madrasah /TPA ,sebelah timur makam Syekh Malik Al-Atos.
2.Makam Syekh Malik Al-Atos
Di sebelah barat Candi Ngetos,dibelakang masjid terdapat kompleks pemakaman kuno.Banyak diantaranya adalah orang-orang yang berperan penting dalam usaha mengembangkan dakwah di Ngetos.Bro J dalam liputan kali ini terfokus mengunjungi dan mencari informasi tentang makam Syekh Malik Al-Atos .”Orang-orang Ngetos dahulu menyebutnya Cek Cek Molek karena kesulitan mengatakan Syekh Malik yang merupakan kata-kata Bahasa Arab”,ujar Mas Aris selaku juru rawat/juru pelihara makam.
Syekh Malik Al -Atos adalah seorang tokoh yang berjasa besar dalam merintis dakwah di Ngetos tempo dulu,maka makamnya dibuat panjang sekitar 3 meter.Itu merupakan simbolis tentang pentingnya kiprah dan peranan beliau sepanjang hayatnya.Maqbaroh Syekh Malik Al -Atos ditutup dengan kain berwarna coklat ,sekeliling pusara diberi semacam pagar pengaman .Letaknya disebuah bangunan tersendiri,terpisah dari kompleks makam lainnya dibelakang masjid,berada di selatan jalan.Faktanya,
Syekh Malik Al-Atos adalah seorang ulama besar /waliyulloh,adik kandung dari Maulana Jamaluddin Al-Husein Al-Akbar atau Syekh Jumadil Kubro(kakek Sunan Ampel) yang makamnya di Troloyo,Mojokerto.
Tujuan Syekh Malik Al-Atos meninggalkan tanah kelahirannya di Samarkhan,dekat Bukhoro,Azerbaijan adalah untuk menyampaikan risalah Islam di Ngetos yang di era Majapahit disebut Negeri Ngatas Angin ,wilayah itu dipimpin Selopuro,seorang tokoh yang ternyata adalah paman dari Prabu Hayam Wuruk.
Syekh Malik Al-Atos dikenal ahli dalam ilmu tasawuf dan makrifat,maka beliau dijadikan guru oleh para anggota Wali Songo yang lahir di Tanah Jawa.
Dalam berdakwah,Ki Ageng Cek Cek Molek/Syekh Malik Al-Atos mendapat perlawanan fisik dan non-fisik dari Bekel Yuyu Rumpung dari Desa Maguan yang dibantu Bekel Cacing Anil dari Desa Teken,Bekel Kebo Ladrang dari Desa Pogalan dan Bekel Celeng Srenggi dari Desa Tempel.Mereka kerapkali mengajak adu kesaktian dengan Syekh Malik Al-Atos,memainkan senjata ,dan juga adu jotos.Tetapi Bekel Yuyu Rumpung dan rekan-rekannya tidak mampu mengalahkan Syekh Malik Al-Atos.Karena Syekh Malik Atos sakti dan berkaromah .
**Silsilah Syekh Malik Al-Atos**
Syekh Malik Al-Atos mempunyai garis keturunan yang cukup dekat dari Rasulullah SAW sebagai berikut:
Syekh Malik Al-Atos dan Sayyid Jumadil Kubro bin Sayyid Zainul Khusen bin Sayyid Zainul Kubro bin Sayyid Zainul Alam bin Sayyid Zainal Abidin bin Sayyid Khusen bin Siti Fatimah binti Rasulullah SAW.
Data silsilah diatas bersumber dari:
a.Silsilah Sayyid Jumadil Kubro wa usulihi wa furu’ihi ,dikutip dari Kitab Tarikh Auliya’,Bisri Musthofa,Rembang.
b.Sesudah Rasulullah dikutip dari keterangan KH.Mahmud Bin Muhtar Siddiq Al-Khoyyathi,PP Salafiyah “Darul Ulum” Pelumbon,Cirebon,Jawa Barat.
c.Buku”Punjer Wali Songo”Sejarah Sayyid Jumadil Kubro.
#BroJ#Jum’at ,29 Mei 2020.
#NapakTilas#
#JejakWali#
#JasMerah#