Gerakan Ta’awun Sosial Peduli Covid 19 Ranting Muhammadiyah Tambakrejo, Gurah, Kediri

Kediri-menaramadinah.com-Menyikapi pandemi virus corona (Covid 19), Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) dan Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) Desa Tambakrejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri beserta Majelis Qur’an Ummi serta Majelis Ta’lim Annisa menggelar aksi kepedulian sosial.

Sejumlah 160 paket sembako didistribusikan kepada fakir miskin dan janda yang memerlukan bantuan, juga diserahkan 10 amplop uang tunai untuk anak yatim yang tidak tinggal di panti asuhan di lingkungan desa Tambakrejo. “Alhamdulillah, meskipun dengan persiapan yang tidak begitu lama, kira-kira dua pekan, akhirnya kami bisa berbagi sebagai bentuk empati kepada saudara-saudara kita yang memerlukan uluran tangan saat pandemi covid 19 ini, bertepatan dengan suasana sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, menjelang _lailatul qadr_, dan ‘Iedul Fitri,” ujar ustadzah Ulfatus Sa’adah, sekretaris panitia pelaksana sekaligus sebagai sekretaris PRA Tambakrejo.

Acara kepedulian sosial ini dilaksanakan kemarin (Selasa 19 Mei 2020 M, bertepatan dengan tanggal 26 Ramadhan 1441 M), dan hari ini (20 Mei) adalah penyampaian laporan pertanggung jawaban kegiatan sekaligus pembubaran panitia. “Kemarin kami _door to door_ , menyapa dan menyerahkan bantuan secara langsung. Sore ini panitia mengadakan buka bersama, menyampaikan laporan pertanggung jawaban sekaligus pembubaran”, tambah Ustadzah Ulfah di dampingi Dwi Handayani, bendahara Panitia

Dilangsungkannya kegiatan tersebut gayung bersambut dengan himbauan Pimpinan Cabang Aisyiyah Kecamatan Gurah meneruskan Kebijakan Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Timur serta Pimpinan Pusat Aisyiyah untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka Milad Aisyiyah ke-106 ( Hijriah) atau ke-103 (Masehi) dengan tema ” Gerakan Ta’awun Sosial Peduli Dampak Covid 19 Untuk Keselamatan Bangsa”.

H. Nurkani, Ketua Ranting Muhammadiyah Tambakrejo, sekaligus sebagai penanggung jawab acara merasa bahagia dan berterima kasih atas terlaksananya acara tersebut. “Kami sangat berterima kasih kepada para donatur yang telah turut berpartisipasi dan memberikan amanah kepada kami untuk menyalurkan rasa kepeduliannya. Mohon maaf atas segala kekurangan”, ungkap H. Nurkani.

Sementara itu,Pimpinan Cabang Aisyiyah Kecamatan Gurah diwakili oleh salah seorang pengurusnya, Hj. Ismah binti H. Abdul Faqih, yang ikut terjun langsung ke masyarakat, berharap agar aktifitas seperti ini terus berlanjut. “Kami berharap kepedulian semacam ini tidak berhenti sampai di sini, semoga diikuti kegiatan-kegiatan lainnya, dan untuk Ramadhan tahun depan bisa lebih semarak”, tutur Hj. Ismah bersemangat.

Apresiasi juga datang dari Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Timur. Hj. Muawanah binti H. Nafik , salah satu pengurus Majelis Kesejahteraan Sosial PWA Jatim menyampaikan salam hangatnya. “Selamat kepada PRM dan PRA Tambakrejo yang telah ikut serta menghimpun dana infaq shadaqah umat dan menyalurkannya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Dengan semangat kerja keras mewujudkan baksos ini menunjukkan bahwa PRM dan PRA Tambakrejo telah mengaplikasikan semangat Al Maa’ un yang telah digelorakan oleh pendiri, mujahid dan mujahidah yang ada di Persyarikatan. Semoga menjadi tauladan bagi generasi masa depan”, kata Hj. Muawanah.

Kepala Desa Tambakrejo, Mahfud Fauzi, pun sangat berterima kasih dengan gerakan ta’awun sosial tersebut. “Terima kasih kepada saudara-saudara pengurus Muhammadiyah dan Aisyiyah atas kepeduliannya terhadap warga Tambakrejo. Spirit berbagi dan kepedulian dan berbagi yang perlu dirawat. Semoga semuanya dicatat sebagai amaliah shalihah oleh Allah Ta’ala”, kata Kepala Desa.(tom mas’udi)