Matsnawi Maknawi, Kitab 1

 

Akhirnya lahir juga terjemahan Magnum Opus sufi besar Maulana Jalaluddin Rumi, Matsnawi, yang dialihbahasakan dari tuturan aslinya Persia.

Matsnawi, yang artinya “karangan bersajak mengenai makna-makna”, ditulis Rumi abad ke-13 dan sejauh ini sudah diterjemahkan setidaknya ke dalam 44 bahasa di belahan dunia Timur maupun Barat. Dalam versi aslinya, buku yang terdiri dari 6 jilid ini memuat kurang lebih 26.620 bait yang ditulis Rumi dalam rentang waktu sepuluh tahun.

Berbeda dengan buku-buku terjemahan sebelumnya, Matsnawi Maknawi Kitab 1 ini diterjemahkan selama dua tahun oleh Muhammad Nur Jabir, Direktur Rumi Institute, langsung dari sumber primer dalam bahasa mana buku itu ditulis. Kitab 1 ini memuat bait 1 hingga bait 2.011. Patut ditunggu penerjemahan bait-bait berikutnya.

Haidar Bagir dalam endorsmentnya atas buku ini mengatakan: “buku ini wajib dimiliki oleh siapa pun yang meminati Rumi.” Dengan rendah hati Haidar Bagir mengakui, buku-buku tentang Matsnawi Rumi yang selama ini pernah ia terbitkan, hanya sebatas quote-quote atau nukilan saja dari luasnya lautan Matsnawi. Sedangkan buku ini, adalah terjemahan utuh yang sangat boleh jadi baru pertama kali ada dalam bahasa Indonesia. (EWT)