Ketua DPD Golkar Jember: Akan Tindaklanjuti Sengketa Pemilu 2019

 

Jember-Menaramadinah.com- Kebijakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jember tegas akan menindak lanjuti semua temuan atau pengaduan dari caleg Golkar terkait persoalan pencalegan ditubuh internal partai sesuai aturan dan kebijakan partai.

Hal ini dikemukakan ketua DPD Golkar Arif Sugito kepada sejumlah wartawan Minggu (28/4) disela- sela acaranya memantau penghitungan hasil suara pemilu 2019.

” Kita akan tegas menindaklanjuti semua temuan dan pengaduan para caleg Golkar terkait persoalan proses pemilu dilapangan.
Baik itu yang menyangkut persoalan caleg internal partai ataupun persoalan dengan caleg partai lain.” ungkapnya.

Namun yang jelas masih menurut Sugito pengaduan tersebut harus disertai dengan data yang valid agar pihak DPD Golkar bisa mengambil langkah. ” Setiap pengaduan yang masuk ke DPD Golkar harus disertai dengan data, baik itu C1 maupun data pendukung lainnya agar kita bisa mengambil langkah. Golkar tegas, tidak berat sebelah jika itu menyangkut persoalan para caleg di internal partai akan diselesaikan sesuai peraturan yang ada dan berlaku ” ujarnya.

Selama ini dirinya telah menerima beberapa pengaduan dari para caleg Golkar terkait persoalan dilapangan, mulai dari penggelembungan suara maupun perolehan suara yang tidak sesuai dengan data yang ada. Jika ternyata ada persoalan maka laporan tersebut akan diteruskan kepada dewan pertimbangan partai Golkar untuk selanjutnya ditindaklanjuti hingga proses ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Lebih lanjut menurut Sugito, jika ternyata ada kecurangan yang terjadi dalam proses pemilu yang melibatkan caleg dari partai lain, maka DPD Golkar akan menyerahkan persoalan ini kepada pihak KPU sebagai penyelenggara pemilu untuk segera ditindaklanjuti.

” setiap persoalan yang melibatkan caleg dari partai lain maka DPD akan berkoordinasi dengan KPU untuk segera dilakukan langkah sesuai peraturan yang ada sesuai dengan azas jurdil,” tegasnya.

Dalam proses pemilu 2019 kali ini dari pantauan dilapangan khusus partai Golkar ada beberapa kasus yang muncul diantaranya dugaan kecurangan yang dilakukan caleg lain maupun caleg dari internal partai Golkar sendiri.
Pantauan media ini saat rekapitulasi di Hotel Aston sangat meriah sekali, banyak perwakilan partai dan Caleg serta pemantau hingga diluar hotel karena ruang terbatas.(Hairul Koresponden MM.com)