Tausiyah Ramadhan ( 8 ) Kemuliaan-Kehinaan Sumbernya dari Allah SWT

Oleh : Yahya Aziz

Hampir 10 kelompok majlis ta’lim sekodya Surabaya dan Sidoarjo kami membina, saya selalu memberi Tausiyah : KEMULIAAN DAN KEHINAAN ITU DARI ALLAH.
Silahkan Anda dicaci, dihina seluruh manusia, tapi Anda sabar, ikhlas tidak membalas nya, maka Allah akan memuliakan anda.
Tapi jika Anda membalas cacian dan hinaan orang, maka derajat Anda sama orang yang mencaci mu.
Pahala hilang, Anda termasuk orang yang kurang sabar dan ikhlas.
Suatu hari, Nabi Nuh As berjalan di tengah padang pasir, tiba2 muncul seekor anjing matanya 4. kakinya 2, Dalam hati Nabi Nuh berkata anjing kok matanya 4, anjing dari mana ini ?, begitulah suara hati nabi Nuh sedikit mencela.
Tiba2 anjing itu berhenti di depan nabi Nuh dan oleh Allah anjing itu diberi kelebihan bisa bicara. Hai Nuh… mataku berjumlah 4 ini adalah kehendak Allah, kamu mau apa. ?
Allah akbar… Langsung ketika itu nabi Nuh (menjerit) beristighfar…. Astaghfirullah…. Maafkanlah aku ya Allah ternyata anjing ini bisa berbicara.
Nabi Nuh as mendapat julukan ABDUL GHOFAR (hamba yang selalu mohon ampun) dan sejak itu dalam berdakwah 950 tahun hanya mendapat murid yang setia 60 orang.
Belajar dari kisah ini dialog nabi Nuh dan seekor anjing, ada pelajaran menarik JANGAN MERASA PALING MULIA DI DUNIA walaupun di depan seekor binatang.
Mutiara hikmah dari ulama ulama sepuh :
“Satu dunia mencela dan menghina, tapi Allah ingin memuliakan maka mulialah orang itu”
“Satu dunia memuji, kalau Allah ingin menghinakan, maka hinalah orang itu”
JADI KEMULIAAN DAN KEHINAAN ITU DARI ALLAH BUKAN DARI MANUSIA.
Mulia Karena Memaafkan.
Dalam hadits riwayat Muslim, nabi bersabda :
“Berhati hatilah kamu jangan menganiaya orang lain. Karena doa orang yang teraniaya tidak ada yang menghalanginya di sisi Allah”
Saat kau disakiti, dihina, difitnah orang lain, sebenarnya Allah sedang membukakan pintu rahmat dan doa yang sebesar besarnya buatmu.
Manfaatkanlah kesempatan ini semua doamu pasti akan dikabulkan Nya.
Jika, Anda memaafkan orang yang menyakitimu, Anda memiliki jiwa yang tegar besar yang tidak dipenuhi rasa dendam. Jika kau memaafkan orang yang mendzolimu, kau akan dibukakan pintu doa yang lebar.
Mari melalui Romadon tahun ini yang penuh keprihatinan 1441 H /2020 kita belajar menahan hawa nafsu RUMONGSO Luwih BISO… RUMONGSO Luwih PINTER… RUMONGSO Luwih SUGIH ( merasa lebih bisa, merasa lebih Pintar, merasa lebih kaya )…itu semua adalah jebakan IBLIS.
Itulah redaksi Al-Qur’an iblis sombong merasa lebih baik dari manusia. ANA KHOIRUN MINHU…aku lebih baik dari dia ( manusia ). Aku diciptakan dari api, sedangkan manusia dari tanah.
Karena sombong, merasa lebih baik dari pada manusia, tidak mau SUJUD, sejak itu IBLIS dikutuk Allah menjadi makhluk yang terlambat dunia akhirat.
Jika Anda merasa lebih baik, lebih kaya, pintar dari teman teman Anda…. Jangan jangan ANDA lah IBLIS IBLIS MODERN MASA KINI….
Barakallah…


Y A : penulis buku buku kehidupan.