Pesan Natal Ayatullah Sayyid Ali Khamenei

(Pemimpin Spiritual Republik Islam Iran)

“Yesus Kristus (as) adalah manusia yang diutus Allah Swt dengan dibekali mukjizat dan seruan Ilahi untuk membebaskan manusia dari syirik, kufur, kobodohan, dan tirani untuk kemudian membawa mereka menuju cahaya makrifat, keadilan, dan penghambaan kepada Sang Pencipta. Selama berada di tengah umat manusia, beliau tidak pernah kendur dalam berjuang melawan angkara murka dan menyeru manusia kepada kebajikan. Ini merupakan pelajaran yang harus dihayati sepenuhnya oleh umat Kristen dan umat Muslim yang meyakini kenabian beliau.”

“Manusia di zaman sekarang sangat membutuhkan ajaran Yesus Kristus (as), dan Islam yang menyempurnakan ajaran Kristus perihal kesalehan, kesantunan dan kesempurnaan sebagai pedoman utama ajarannya.”

“Sudah ratusan tahun kelahiran Yesus Kristus (as) dirayakan. Mengapa kelahiran ini sedemikian penting? Tak lain karena kelahirannya merupakan satu titik masa yang sangat krusial dan determinan dalam sejarah manusia. Artinya, ketika sejarah sedang berjalan di suatu garis tiba-tiba ia berubah haluan dan beralih ke garis lain.”

“Setiap tahun, kami ikut merayakan hari kelahiran Yesus Kristus (as) dan menyampaikan ucapan selamat kepada umat Kristen di tanah air dan di dunia secara umum. Namun, karena menurut mayoritas umat Kristen di Iran –termasuk umat Armenia- tanggal kelahiran Kristus bukan 25 Desember melainkan pada 10 hari pertama Januari, maka kami tidak mengikuti tradisi yang umum; kami menunggu sampai tiba bulan Januari untuk menyampaikan ucapan Selamat Natal ; supaya lebih sesuai dengan pendapat saudara-saudara setanah air kami yang memeluk ajaran Kristen.”

“Semoga hari kelahiran Kristus membawa berkah bagi umat Kristiani dan umat Islam di seluruh dunia.”

“Kami berharap semoga umat Islam dan umat Kristiani, selalu meneladani perilaku Yesus Kristus (as), mengenali keagungannya dengan benar, dan mengikuti ajarannya.”

Untuk menghargai perjuangan dan pengorbanan umat Kristiani dalam membela kedaulatan Republik Islam Iran, maka Ayatullah Sayyid Ali Khamenei setiap hari Natal mentradisikan untuk mengunjungi keluarga korban perang dan turut mengucapkan “Selamat Natal” kepada keluarga korban.