Agung dan Kefara, Pasangan Duta Kampus Universitas Jember 2019

 

Jember, 20 Desember 2019-menaramadinah.com
Agung Haris Widianto, mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Kefara Gustinia, mahasiswi Fakultas Hukum terpilih sebagai Duta Kampus Universitas Jember 2019. Keduanya meraih nilai tertinggi dalam Grand Final Duta Kampus 2019 yang digelar hari Kamis malam di Gedung Soetardjo (19/12).

Agung dan Kefara mendapatkan nilai tertinggi dari lima juri yang hadir sehingga menyisihkan sembilan pasangan lainnya. Agung dan Kefara berhak atas uang pembinaan dan kesempatan untuk mengikuti kegiatan akademik di luar negeri.

Saat membuka acara Grand Final, Zulfikar, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni meminta agar sepuluh pasang Duta Kampus Universitas Jember 2019 nantinya dapat mengemban tugas utama menyampaikan kiprah dan prestasi Universitas Jember kepada masyarakat luas. “Sampaikan pesan-pesan Universitas Jember kepada masyarakat, tidak hanya di Indonesia saja tapi ke luar negeri sebab kiprah Kampus Tegalboto memang sudah mendunia. Jadi tugas Anda semua untuk menjadi salah satu garda depan informasi, sosialisasi sekaligus promosi Universitas Jember,” tutur Zulfikar yang juga didapuk sebagai juri kehormatan.

Zulfikar lantas menegaskan, pemilihan Duta Kampus Universitas Jember menekankan pada kemampuan intelektual peserta dan bukan pada fisik semata. “Oleh karena itu saya meminta agar peserta yang masuk dalam babak final digembleng dengan kemampuan menulis artikel ilmiah sebab hadiahnya pun berupa kesempatan mengikuti kegiatan akademik baik di dalam negeri, terlebih lagi di luar negeri. Harapannya mereka benar-benar menjadi Duta Kampus yang smart, yang mencerminkan mahasiswa Universitas Jember yang berkualitas,” imbuh Zulfikar yang ingin pelaksanaan Duta Kampus digelar setahun sekali dari yang sebelumnya dilaksanakan dua tahun sekali.

Sementara itu Sunarlan, ketua panitia kegiatan menjelaskan, ada 72 mahasiswa dan mahasiswi yang mendaftarkan diri sebagai Duta Kampus. Mereka terdiri dari 20 mahasiswa dan 52 mahasiswi dari berbagai fakultas di Kampus Tegalboto. “Para peserta yang berhasil mencapai babak final telah mendapatkan pelatihan di bidang pengembangan diri, psikologi, kemampuan berbahasa Inggris, Kehumasan, dan pengetahuan akan kondisi sosial budaya di Jember dan sekitarnya. Kami melibatkan International Office agar mereka siap jika ditugaskan ke luar negeri. Mereka kami ajak juga ke Jawa Pos dan JTV,” kata pria yang juga Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya ini.

Tampil sebagai juara kedua, pasangan Mohammad Muqorrobin dan Della Ayunda yang keduanya dari FKIP. Posisi ketiga diraih Mohammad Affan Afifudin dari Fakultas Pertanian dengan Naria Nur Iftitah dari Fakultas Ilmu Budaya. Selain meraih juara pertama putra, Agung Haris Widianto juga menjadi peserta putra favorit didampingi Adhisa Neela Noor Safira dari Fakultas Teknik sebagai peserta putri favorit. Malam penobatan Duta Kampus Universitas Jember 2019 juga dimeriahkan oleh kehadiran Avina Nakita Octavia, Duta Muda ASEAN Indonesia 2019 yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember. Mahasiswi asal Batam ini memotivasi rekan-rekannya untuk selalu berprestasi di semua bidang.

Selanjutnya, kesepuluh pasangan Duta Kampus Universitas Jember bakal menjalankan tugasnya, mempromosikan Universitas Jember dan turut serta dalam berbagai kegiatan internal. “Nantinya para Duta Kampus baru ini beserta Duta Kampus sebelumnya membantu kami di Humas dan Protokol, sudah ada program yang kami siapkan yang intinya mempromosikan Universitas Jember,” ungkap Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember yang malam itu bertugas sebagai salah satu juri. Sementara juri lainnya adalah Selfi Budi Helpiastuti (pengembangan diri), Senny Weara Dienda (psikologi), Made Adi Andayani (Bahasa Inggris) dan Eko Swargono (seni budaya). Grand Final Duta Kampus Universitas Jember dimeriahkan pula dengan penampilan Paduan Suara Mahasiswa dan penampilan atraktif Paguyuban Seni Reog Muda Sardulo Anurogo. Iim humas Unej