Singkong Obat Pecandu Narkoba

 

Jangan Sepelekan, Singkong Bisa Obati Pecandu Narkoba

Menara Madinah.com- Obat-obatan herbal yang diramu dan disesuaikan dengan kondisi fisik pecandu, bisa membantu mendetoksifikasi kandungan racun narkoba yang telah dikonsumsi.

Tentunya, penggunaan harus dipadu dengan metode konseling yang tepat. Itu disampaikan Pengasuh Pondok Rehabilitasi Mental dan Narkoba Bumi Mataram RM Puspolelono, Sabtu (9/3/2013).

Menurutnya, metode rehabilitasi menggunakan detoksifikasi herbal yang dipadukan dengan pemulihan mental. menjadi kunci keberhasilan. Dalam waktu sekitar tiga bulan, para pecandu sudah bisa terlepas dari pengaruh narkoba.

“Pasien diberikan ramuan herbal berdasarkan hasil pemeriksaan dari ketergantungan yang dideritanya,” ujarnya.

Ketika disinggung mengenai jenis ramuan yang digunakan, Puspo menjelaskan bahwa racikan tersebut sebenarnya merupakan ramuan kuno dari Jawa. Menggunakan bahan dasar singkong yang diolah dengan cara tertentu, efeknya bisa membantu para pecandu menghadapi ketergantungan narkoba.

“Singkong selama ini dianggap sepele. Namun, ilmu pengobatan Jawa kuno yang kami ungkap, singkong jika diolah secara tepat, ada kandungan bahan tertentu yang bisa memengaruhi ketahanan tubuh para pecandu,” jelasnya.

Bahan tersebut, lanjut Puspo, selain mendetoksifikasi racun, sedikit demi sedikit juga bisa mengurangi ketergantungan narkoba.

Pondok Rehabilitasi Mental dan Narkoba Bumi Mataram, merupakan pondok rehabilitasi ketergantungan narkoba yang baru didirikan di Purworejo.

Pondok yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah, dirintis pada 21 Februari 2013. Saat ini, pondok telah aktif menangani para pecandu narkoba, dan pada 2015 akan memiliki fasilitas rehabilitasi.

Ki Puspo

Koresponden MM.com