PLT Dinas Sosial Jember: Penyaluran KIS Tahap 5 Ini Sejumlah 11.668.

Jember -menaramadinah.com- Masih dalam rangka mewujudkan Jember Sehat melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS), Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, kali ini membagikan KIS di Pondok Pesantren Al-Imam Desa Gambiran Kecamatan Kalisat Jember, Rabu, 13 November 2019.

Bagi wabup, kegiatan pelayanan kepada masyarakat ini sekaligus sebagai media untuk bertemu dan berkomunikasi dengan masyarakat.

Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk mengunjungi pondok-pondok yang ada di Jember. “Semoga menjadi pondok pesantren yang barokah dan melahirkan generasi terbaik di Jember,” kata wabup.

Terkait KIS, wabup kembali menegaskan bahwa KIS merupakan program kaminan kesehatan dari pemerintah pusat untuk masyarakat miskin.

“KIS ini diberikan kepada masyarakat, agar saat sakit tidak perlu khawatir biaya, cukup menggunakan KIS,” jelas wabup.

Selain dibiayai oleh pemerintah pusat melalui APBN, KIS juga dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Jember melalui APBD Kabupaten Jember.

“Sesuai catatan, ada 895 ribu lebih KIS untuk masyarakat Jember yang dibiayai APBN dan 179 ribu KIS yang dibiayai APBD Kabupaten Jember,” terangnya.

Kepada warga yang menerima KIS, wabup menekankan agar selalu menjaga kesehatan. Warga juga diminta untuk membiasakan diri hidup sehat.

 

Untuk anak-anak, wabup juga berharap untuk membiasakan mengonsumsi makanan sehat, tidak jajan sembarangan, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Sosial, Wahyu Setyo H. S.KM,M.Si,. menjelaskan, kegiatan kali ini merupakan tahap kelima penyaluran KIS sebanyak 11.668 kepala keluarga (KK).

“Terbagi atas Kecamatan Sumberjambe 3.364 KK, Kalisat 4238 KK, dan Kecamatan Sukowono 4066 KK,” terangnya.(Hrl/ Bas)