Kusnadi: Kedisiplinan Manusia Tetap Membutuhkan Keseimbangan Jasmani dan Rohani

Jember-menaramadinah.com- Upaya untuk tetap Tumbuhkan sikap disiplin bagi manusia , maka harus tetap melalui proses keseimbangan baik itu jasmani maupun Rohani.

Hal tersebut disampaikan Kusnadi Pengurus takmir masjid dan pembinaan prestasi Pelti Jember Senin 1/7/19.

” Untuk menciptakan seorang agar menjadi disiplin maka harus ada keseimbangan antara sehat jasmani maupun rohani, apabila ini tak dilakukan maka yang akan terjadi tak sesuai harapan. ” Tandas Kusnadi.

Lebih lanjut Kusnadi menuturkan, bagaimana seseorang akan bisa melakukan disiplin pada dirinya sendiri, sedangkan dirinya tak sehat jasmani dan rohani.

” Sedangkan disiplin sendiri membutuhkan satu kesatuan dalam diri manusia, sehingga antara hati dan pikiran harus seimbang atau nyambung.” Imbuh tokoh masyarakat ini.

Dengan berolah raga ini
adalah merupakan kebutuhan bagi jiwa manusia untuk tetap sehat dan Bugar sehingga pikiran juga bersih dan sehat.

” Ada filosofi dan semboyan yang mengatakan , mens sana in corpore sano. Didalam badan yang sehat maka terdapat jiwa yang kuat, jadi olah raga itu menjadi salah satu opsi untuk menuju badan yg sehat. Karena itu, mengenalkan olah raga sedari dini pada anak anak membawa dampak yang positif untuk menumbuh kembangkan meraka, saya kira tak cuma dalam keluarga, baik di sekolah pun harus turut memberikan atensi pada bidang olahraga untuk siswa melalui pelajaran olahraga dan ekstrakurikuler.” Ungkapnya.

Dia menambahkan, Kalau perlu sekolah harus membangun fasilitas lapangan Atau perlengkapan lain untuk mendukung siswanya yg memiliki minat pada olahraga masing masing yang dia cintai.

” Termasuk dilembaga pendidikab semisal sekolah ini juga perlu untuk digalakkan agar siswa sehat jasmani dan rohani, sehingga bisa menjadi siswa yang disiplin .” Pungkas Kusnadi.( Hairul. KorespondenMM.com)