Pusaka Kebangsaan : Arah Perjuangan KH Hasyim Muzadi

Oleh: Siti Roaitu

Ke-Islaman dan Ke-Idonesiaan tidaklah perlu dipertentangkan, karena seorang Muslim yang mengamalkan ajarannya dengan benar pastilah dia akan menjadi warga Indonesia yang baik ( kita tidak boleh terlalu kaku dalam menyikapi segala hal) Sebagaimana dikatakan H. Arif Zamhari, PhD (Direktur Eksekutif ICIS), prinsip inilah yang menjadi benang pemikiran KH Hasyim Muzadi yang selalu diperjuangkan sepanjang hayatnya.
Pemikiran KH Hasyim Muzadi tersebut, secara lebih luas, rinci dan terstruktur dapat dibaca dalam buku berjudul “Pusakan Kebangsaan : Sinergitas Islam & Indonesia” karya Sofiudin. Buku yang telah diterbitkan oleh Pustaka Compass ini, memuat pandangan KH. Ahmad Hasyim Muzadi tentang perjalanan panjang hubungan bangsa Indonesia dengan agama Islam.
Perjalanan panjang itu dimulai dari saat agama Islam masuk ke wilayah Nusantara yang nantinya sebagian besar wilayah itu bernama Indonesia. Kemudian diuraikan secara singkat peran Nahdlatul Ulama (NU) dan pesantren dalam perjalanan kesejarahan bangsa Indonesia.
Islam dan Akar Budaya yang Kuat
Kenapa Islam di Indonesia sedemikian kuat, walaupun telah mengalami penjajahan Belanda selama 350 tahun dengan proyek kristenisasinya ? Karena Islam dibawa oleh para Wali Songo sedemikian kuat merasuk pada akar budaya Nusantara. Sehingga Islam dapat dengan mudah berdakwah mengajak pada ketauhidan di tengah masyarakat yang masih memegang erat tradisi lokal.
Kita sebagai seorang Muslim harus meniru sepak terjang beliau yang berjuang demi bangsa Indonesia. Beliau patut kita contoh dan kita tiru. Untuk menyemangati diri kita. Mudah-mudahan kita semua mampu menirunya. Amiiiiiiin Ya Robbal Alamiiiiiiin
Selamat Hari Pres Nasional 9 Februari 2021
Semoga Menara Madinah Tambah Maju dan Sukses Selalu………..
Gresik, 9/2/2021
# Alumni UIN sunan Ampel, Guru MI Nurul Huda Laren Manyar Gresik, Pembaca Setia menara Madinah com#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *